Analisis Daya Saing Ternak Sapi Potong di Kabupaten Pohuwato

Muhammad Nasrul

Sari


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis daya saing ternak sapi potong di Kabupaten Pohuwato.Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan overall sample sizedan proportional allocation.Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Pohuwato dengan responden sebanyak 89 petani ternak sapi potong.Data yang dikumpulkan merupakan data primer melalui wawancara dan kuisioner.Analisis data yang digunakan adalah RCA (Revelead Comparative Advantage), LQ (Location Question).Hasil dari penelitian yaitu hasil analisis RCA, analisis lokalisasi dan analisis basis ternak sapi potong memiliki memilki keunggulan di Kabupaten Pohuwato.Meskipun demikian berdasarkan analisis spesialisasi ternak sapi potong belum menjadi komoditi spesial.

Kata Kunci : Daya saing, Ternak sapi, Revelead Comparative Advantage, Location Question

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi VI, Jakarta: PT. Asdi Mahasatya, 2006.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Pohuwato, 2017. Kabupaten Pohuwato Dalam Angka 2017. Gorontalo: Badan Pusat Statistik Kabupaten Pohuwato.

Baruwadi, M. 2006. Ekonomi Rumah Tangga. UNG Press. Jakarta

Erick, E. 2012, Asyiknya Panen Rupiah dari Beternak Sapi Potong, Pustaka Agro Mandiri Tangerang Selatan, 2012.

Hadi P.U dan Ilham N. 2002. Problem dan prospek pengembangan usaha perbibitan sapi potong di Indonesia. Jurnal Litbang Pertanian. 21(4):148-157.

Lestari,R. D. 2016. Analisis Daya Saing Usaha Penggemukan Sapi Potong Di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Tesis Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Rouf, A. A. Dkk. 2014.Daya Saing Usaha Sapi Potong di Indonesia: Pendekatan Domestic Resources Cost. Wartazoa Volume 24. No. 2 Tahun 2014. Hal 97-107.

Soekartawi, dkk. 2011. Ilmu Usahatani dan Penelitian Untuk Pengembangan Petani Kecil. Cet.3, Universitas Indonesia (UI-Press). Jakarta.

Sugiyono, 2010.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Alfabeta. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/perbal.v8i2.1537

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.