Karakteristik Butir Tes Matematika pada Tes Buatan MGMP Matematika Kota Palopo Berdasarkan Teori Klasik

Syamsir Sainuddin, Muhammad Ilyas

Abstract


Analisis Karakteristik Butir Tes Matematika Pada Tes BuatanMGMP Matematika Kota Palopo Berdasarkan Teori Klasik Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kualitas karakteristik Butir Tes Matematika pada Tes Buatan MGMP Kota Palopo Didasarkan pada Teori klasik. Penelitian ini adalah penelitian eks post facto. Subjek penelitian adalah peserta didik SMP se-Kota Palopo yang mengikuti tes Matematika Tahun Pelajaran 2014/2015. Objek yang dipilih adalah butir soal matematika objektif pilihan ganda buatan MGMP Kota Palopo yang terdiri atas 5 Paket soal dengan jumlah butir sebanyak 40 item untuk masing-masing paket. metode yang dipergunakan dalam mengumpulkan data adalah metode dokumentasi, dengan mengumpulkan respon siswa pada soal try out UN matematika buatan MGMP Kota Palopo, yang kemudian dianalisis secara kuantitatif berdasarkan teori klasik dan teori moderen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada analisis dengan menggunakan teori klasik, semua paket soal memiliki jumlah soal yang valid di atas 88%, berdasarkan perhitungan koefisien reliabilitas dengan menggunakan KR21, dapat diketahui bahwa semua paket soal memiliki koefisien reliabilitas di bawah 0.75,umumnya soal matematika buatan MGMP kota Palopo berada pada kategori susah dengan persentase rata-rata di atas 50%, Hasil daya beda menunjukkan bahwa pada umumnya semua paket soal matematika buatan MGMP kota Palopo berada pada kriteria sangat tidak memuaskan dengan persentase di atas 75%, Penyebaran distribusi jawaban soal matematika buatan MGMP pada umumnya menunjukkan opsi yang ada berfungsi dengan baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, kualitas karakteristik butir soal try out UN matematika buatan MGMP Kota Palopo ditinjau dari teori klasik berada pada kategori kurang baik dengan persentase rata-rata 47%

Kata Kunci: Analisis Butir Soal, Teori Kalsik

Full Text:

Tidak berjudul

References


Allen, M. J. & Yen, W. M. (1979). Introduction to measurement theory. Onterey, CA: Brooks/Cole Publishing Company.

Arjuna. (2013). Analisis Kualitas Soal Ujian Sekolah/Madrasah Mata Pelajaran Matematika Kabupaten Soppeng Berdasarkan Teori Klasik. Palopo: PPs UNM

Isfaruddin. (2010). Analisis Butir pada Tes Objektif Ujian Akhir Semester Mahasiswa di Pendidikan Tinggi Jarak jauh Berdasarkan Teori Tes Klasik dan Teori Tes Modern. Jakarta: Jurusan Statistika: FMIPA UT.

Kusaeri. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mardapi, Djemari. (2012). Pengukuran Penilaian & Evaluasi

Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Litera.

Mehrens, W.A. & Lehmann, I.J. (1973). Measurement and evaluation in education and psychology. New York: Hold, Rinehart and Wiston,Inc.

Naga, Dali S (2003). Teori Pengukuran Psikometrika Teori Tes Metoda Survei dan Pengukuran. Yogyakarta. UNY.

Naga, Dali S. (1992). Pengantar Teori Sekor pada Pengukuran Pendidikan. Jakarta: Besbats.

Nurung. (2008). Kualitas Tes Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) IPA SD Tahun Pelajaran 2007/2008 di Kota Kendari. Yogyakarta: PPs UNY.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v1i1.265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Syamsir Sainuddin, Muhammad Ilyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.