KEGIATAN LESSON STUDY DALAM PEMBELAJARAN MORFOLOGI BAHASA INDONESIA MAHASISWA SEMESTER IVA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO

Marlina Bakri

Sari


Kegiatan lesson study ini bertujuan: 1) mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran morfologi Bahasa Indonesia pada mahasiswa semester IVA Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Cokroaminoto Palopo dan 2) mendeskripsikan hasil pelaksanaan pembelajaran morfologi Bahasa
Indonesia pada mahasiswa semester IVA Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Cokroaminoto Palopo. Subjek pada kegiatan lesson study ini adalah dosen model mata kuliah morfologi dan mahasiswa semester IVA. Jumlah mahasiswa sebanyak 42 orang yang terdiri atas 11 mahasiswa laki-laki dan 31 mahasiswa perempuan pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Cokroaminoto Palopo tahun akademik 2015. Proses pelaksanaan pembelajaran morfologi rata-rata setiap pertemuan sudah menunjukkan hasil yang baik, yakni rata-rata mahasiswa sudah aktif dalam mengikuti pembelajaran dan mengajukan sanggahan-sanggahan ketika diadakan persentase. Hasil pelaksanaan pembelajaran juga sudah menunjukkan hasil yang sangat baik di setiap pertemuan, yaitu rata-rata tulisan mahasiswa di akhir siklus sudah berada dalam kategori baik sampai dengan kategori baik sekali.

Kata Kunci: Lesson Study, Morfologi, Bahasa Indonesia

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Badudu, J.S. Inilah Bahasa Indonesia yang Benar Jilid III. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 1995.

Clark, V.P. Language. New York: St. Martin’s Press. 1981.

Luminantaintang, Y.B. Pemasyarakatan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar” dalam Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: UPP IKIP Yogyakarta. 1991.

Purwo, B.K. Bulir-bulir Sastra dan Bahasa: Pembaharuan Pengajaran. Yogyakarta: Kanisius. 1991.

Verhaar, J.W.M. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gajah Mada. 1996.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.