MANAJEMEN PENGENDALIAN MUTU SEKOLAH: IMPLEMENTASI PADA SMA NEGERI DI PAREPARE

St. Wardah Hanafie, Abdul Halik

Sari


Mutu di satuan pendidikan sangat penting sebagai jaminan dan standar pengelolaan pendidikan. SMA sebagai jenjang pendidikan atas diharapkan dapat diukur dan dipertanggungjawabkan proses dan luarannya. Tujuan penelitian ini untuk mengkonstruksi implementasi manajemen pengendalian mutu di sekolah menengah atas, baik pada bidang kurikulum maupun pembinaan peserta didik. Metode penelitian bersifat field research di lima SMAN di Kota Parepare. Hasil penelitian ini bahwa belum terimplementasi manajemen pengendalian mutu, pentingnya menyusun standar mutu di SMAN, hambatan implementasi terkait kebijakan politik, anggaran, sumber daya, dan kesadaran, serta pengendalian mutu harus dikembangkan di SMA agar tercipta kualitas yang terjamin.
Kata Kunci: SMA, Manajemen, Pengendalian mutu.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Anthony, Robert N. 2005.Management Control: Sistem Pengendalian Manajemen, terj. Kurniawan Cakrawala. Jakarta: Salemba Empat.

Arcaro, Jarome S. 2007.Quality in Education: An Implementation Handbook, terj. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Cet. IV; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ary, Donal. Luchu Cheser Jacobs, dan Asghar Rasavieh.2004.Pengantar Penelitian dalam Pendidikan terj. H. Arief Furchan. Cet. 1; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto dan Mohammad Farid. 2013. Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Denzin, Norman K. & Yvonna S.Lincoln (Eds.) 2009. Handbook of Qualitative Research, terj. Dariyatno, Badrus Samsul Fata, dan Jhon Rinaldi, Handbook of Qualitative research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depag, 2005. Pedoman Akreditasi Madrasah. Jakarta: Depag.

Fauziah, Hujaimatul. 2008. “Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dalam Rangka Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Internal di SMA al-Kautsar Bandar Lampung”, Jurnal Sains dan Inovasi. IV (2). Tahun 2008

Jami, Jam, M. Syukri, Wahyudi. 2013. “Implementasi Manajemen Mutu Terpadu (MMT) di SD Negeri 03 Muara Pawan Kabupaten Ketapang”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 2, No. 4 Tahun 2013.

Mulyana, Deddy.2008.Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Cet. 5; Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sallis, Edward. 2008. Total Quality Management in Education: Manajemen Mutu Pendidikan, terj. Ahmad Ali Riyadi & Fahrurozi. Cet. VIII; Jogjakarta: IRCiSoD.

Sisdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003. Bandung: Citra Umbara.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Cet. 4; Bandung: Alfabeta.

Sukarno, Edy. 2002. Sistem Pengendalian Manajemen: Suatu Pendekatan Praktis. Edisi Revisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sukmadinata, Nana Syaodih., dkk. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah: Konsep, Prinsip, dan Instrumen. Bandung: Refika Aditama, 2006.

Syarifuddin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan, Konsep, Strategi, Dan Aplikasi, Grasindo, Jakarta.

Usman, Husaini. 2011. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.