ANALISIS KUALITAS BELAJAR MAHASISWA DALAM PENERAPAN TEKNIK SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN

Aswar Anas, Nilam Permatasari Munir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas belajar mahasiswa dalam penerapan teknik scaffolding pada pembelajaran. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini terdiri dari beberapa aspek yaitu: lembar observasi aktifitas mahasiswa, angket respon mahasiswa, angket minat mahasiswa, tes hasil belajar tiap pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa kelas 4B Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Kegruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo pada mata kuliah Persamaan Diferensial semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 34 orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik scaffolding pada pembelajaran membuat belajar mahasiswa berkualitas sebanyak 91%. Hal ini terlihat dari terpenuhinya semua indikator yakni: (1) 91% mahasiswa mengalami peningkatan aktivitas
belajar dalam setiap pertemuan, (2) 17% mahasiswa memiliki respon sangat tinggi, 65% mahasiswa memiliki respon tinggi, 15 % memiliki respon sedang, dan sebanyak 3% mahasiswa memiliki respon rendah terhadap penerapan teknik scaffolding, (3) 23% mahasiswa memiliki minat sangat tinggi, 59% mahasiswa memiliki minat tinggi, 15 % memiliki minat sedang, dan sebanyak 3% mahasiswa memiliki minat rendah terhadap penerapan teknik scaffolding, dan (4) 6% mahasiswa memiliki rata-rata hasil belajar berada pada kategori sangat tinggi,
sebanyak 32% mahasiswa memiliki rata-rata hasil belajar berada pada kategori tinggi, sebanyak 47% mahasiswa memiliki rata-rata hasil belajar pada kategori sedang, sedangkan sebanyak 15% mahasiswa memiliki rata-rata hasil belajar yang berada pada kategori rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa 91% mahasiswa yang belajar secara berkualitas dengan penerapan teknik scaffolding, dan terdapat 9% mahasiswa yang tidak belajar secara berkualitas dengan penerapan teknik scaffolding dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Analisis Kualitas, Teknik scaffolding

Full Text:

Untitled

References


Anghileri, J. (2006). Scaffolding Practices that Enhance Mathematics Learning. Journal of Mathematics Teacher Education, 9, 33-52.

Karim A. (2011) Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. UPI. Jurnal Pendidikan. Edisi Khusu No.1.

Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology. (5th Ed.). New York, NY: McGraw-Hill companies. Undang-undang No. 15 tahun 2005




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v3i1.952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Aswar Anas, Nilam Permatasari Munir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.