Sistem Monitoring dan Evaluasi Praktik Dunia Kerja (PDK) dengan Metode Framework for The Applications of System Thinking (FAST)

Fitrah Eka Susilawati, Siaulhak Siaulhak, Fajar Novriansyah Yasir, Musfirah Musfirah

Abstract


Praktik Dunia Kerja (PDK) merupakan salah satu program intrakulikuler yang dilaksanakan setiap semester sebagai wadah bagi mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah ke dalam dunia usaha, industri ataupun instansi pemerintah maupun swasta. Tahap Monitoring dan Evaluasi pada program PDK dilakukan oleh dosen pembimbing dalam menilai sejauh mana kinerja, sikap, dan perilaku mahasiswa peserta PDK selama melaksanakan PDK. Pelaksanaan Monev saat ini telah dilakukan secara daring dengan memanfaatkan aplikasi meeting online dan pengisian form online.  Walaupun telah dilakukan secara daring namun penggunaan aplikasi tersebut masih kurang efektif bagi dosen pembimbing, pembimbing lapangan, dan pengelola PDK dalam mengumpulkan data hasil monitoring dan evaluasi. Tujuan penelitian ini merancang sistem monitoring dan evaluasi Praktik Dunia Kerja dengan menggunakan metode Framework for The Applications of System Thinking (FAST) yang diharapkan memudahkan pengumpulan data hasil monitoring dan evaluasi PDK. Tahapan perancangan sistem monitoring dan evaluasi ini meliputi tahap definisi lingkup, analisis masalah, analisis kebutuhan, desain logis, dan desain fisik. Hasil dari penelitian ini adalah blueprint dari Sistem Monitoring dan Evaluasi Praktik Dunia Kerja (PDK).  


Full Text:

PDF

References


Bentley, Lonnie D., & Jeffrey L Whitten. Systems Analysis and Design for the Global Enterprise Seventh Edition. New York: McGraw-Hill. 2007.

Whitten, L. J. ., & Bentley, L. D. System Analysis and Design Methods. New York: McGraw-Hill. 2007.

Mulyani, Sri. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah: Notasi Pemodelan Unified Modeling Language (UML). Abdi Sistematika, 2017.

A.S Rosa dan Shalahuddin M. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung : Informatika Bandung. 2013

Iryanti, Emi, and Rendy Andriyanto. "Sistem Manajemen Dokumen dengan Metode Framework For The Applications Of System Technology (Fast) Studi Kasus: Unit Pengendali Dokumen Satuan Penjaminan Mutu St3 Telkom Purwokerto”. 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.