Perancangan Media Pembelajaran Percakapan 3 Bahasa (Inggris, Arab, Indonesia) Berbasis Android pada Madrasah Tsanawiyah Bua

Tria Priska Reskia, Dianradika Prasti, Abdullah Syukur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah Aplikasi Media Pembelajaran Percakapan 3 bahasa (Inggris, Arab, Indonesia) berbasis Android. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Bua yang berada di Desa Sakti, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode R & D (Reseach & Development) dan tahapan penelitian menggunakan metode Waterfall. Hasil penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi Android yang dapat menampilkan mata pelajaran bahasa inggris, bahasa arab, bahasa indonesia, kuis dan percakapan. Aplikasi yang dibuat telah diuji menggunakan metode Blackbox dan pengujian oleh ahli, dapat disimpulkan bahwa semua tampilan halaman dan tombol telah berfungsi dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Andi, J. 2015. Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System (A-GPS) Dengan Platform Android.Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1–8.

Andriani, A. 2015.Urgensi PembelajaranBahasa Arab dalamPendidikan Islam.Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 39–56.

Cholifah, W. N., Yulianingsih, Y., & Sagita, S. M. 2018. Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan InovasiTeknologi), 3(2), 206.

Iswanto, R. 2017. Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan Teknologi. Arabiyatuna :Jurnal Bahasa Arab, 1(2), 139.

Jefrizal, J., Jaroji, J., & Tediyana, A. 2017.Aplikasi English Teacher Sebagai Alat Bantu Belajar English Conversation Berbasis Android dengan Menerapkan Voice Recognition. INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 2(2), 105.

Khairani, Majidah. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung Untuk Smp Kelas Ix.Jurnal Iptek Terapan, 10(2), 95–102.

Kustanti, D., & Prihmayadi, Y. 2017. Problematika Budaya Berbicara BahasaInggris.Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 14(1), 161–174.

Prabowo, A. Z., Satoto, K. I., &Martono, K. T. 2015. Perancangan dan Implementasi Augmented Reality sebagai Media Promosi Penjualan Perumahan. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 3(1), 161–170.

Ratnasari, D., Qur’ani, D. B., & Apriani, A. 2018. Sistem Informasi Pencarian Tempat Kos Berbasis Android.Jurnal INFORM, 3(1), 32–45.

Rossa A. S., M. S. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak : Terstruktur dan Berorientasi Objek Edisi Revisi. Bandung.

Sasmito, G. W. 2017. Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 2(1), 6–12.

Taofik Muhammad, & Nurfitriani Meiliana. 2019. Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android denganMenggunakan Teknologi Augmented Reality dan Location Based Service. INFOTECH Journal, 5(1), 1–7. http. i(1), 1–7.

Tarigan, D., & Siagian, S. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200.

Tepu Sitepu, R. 2017. Bahasa Indonesia Sebagai Media Primer komunikasi Pembelajaran. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 67–73.

Wachidah Siti, Gunawan Asep, Diyantari, dan K. R. Y. 2017. Bahasa Inggris “When English Rings a Bell.” Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.