Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 SMA Cokroaminoto Palopo

Suhardi Suhardi, Alim Surya Saruman

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan media pembelajaran agar dapat manfaatkan oleh guru dalam proses pembelajaran sekaligus sebagai media yang dapat dijadikan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran yaitu aplikasi media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 di SMA Cokroaminoto Palopo, yang didesain untuk menampilkan animasi, teks, audio ataupun visual sehingga media ini dapat membantu siswa untuk memahami materi pelajaran. Jenis penelitian yang digunakan yaitu R&D (Research and Development) dan model pengembangan yang digunakan yaitu model waterfall dengan tahapan penelitian berupa observasi, pengumpulan data, analisis sistem, rancangan sistem, dan rancangan desain interface sehingga pengerjaan lebih terstruktur. Teknik pengujian yang digunakan pada sistem ini yaitu metode black box. Hasil pengujian yang telah dilakukan pada aplikasi pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 untuk kegiatan belajar mengajar di SMA Cokroaminoto Palopo diuji menggunakan metode black box dengan hasil tidak terdapat kesalahan pada saat proses secara fungsional dan layak digunakan. Setelah melewati tahap pengujian dan sistem bekerja dengan baik maka aplikasi media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 siap untuk dimanfaatkan.


Full Text:

PDF

References


Adi, Prasetyo, Arista. 2017. CorelDraw untuk Segala Desain. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Agusli, Rachmat. 2008. Koneksi Internet dengan Handphone. Mediakita. Jakarta Selatan.

Budiman, Haris. 2017. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Volume 8 Nomor 1.

Feriandi, Yoko dan Indrakusuma, Haris, Abdul. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Macromedia Flash pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X. Jurnal Komputer dan Informasi Teknologi Volume 3 Nomor 1.

Haeruddin. 2017. Membuat Media Persentase dan Game Quis Berbasis Flash. CV Budi Utama. Yogyakarta.

Helmi, Tedi dan Munjin, Akhmad. 2016. Kualitas Pelayanan Publik dalam Pembuatan Izin Trayek oleh Dllaj Kabupaten Bogor. Jurnal GOVERNANSI Volume 2 Nomor 1.

Jaya T.S 2018. Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung) (online). Pengembangan IT Volume 03 Nomor 02.

Lestari, Indah dan Khaeriyah, Laelatul, Siti. 2018. Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa antara Media Pembelajaran Macromedia Flash dan Power Point. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 4 Nomor 3.

Maryono. Y dan Istiana, Patmi, B. 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi SMP Kelas VII. Yudhistira Quadra. Bogor

Putri, Syah, Zahwa dan Rakhmawati, Fibri. 2018. Pengaruh Multimedia Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik pada Materi Pokok Persegi Panjang dan Persegi Kelas VII di MTS Al-Ulum Medan T.P 2016/2017. AXIOM Volume 7 Nomor 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.