Rancang Bangun Website pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Belopa

Risdayanti Risdayanti, Nirsal Nirsal, Suparman Suparman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah Rancang Bangun Website pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Belopa yang dapat membantu dan memudahkan pihak sekolah dalam melakukan penyebaran dan penyampaian informasi serta promosi sekolah serta dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi sekolah secara mudah dan cepat.  Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model penelitian waterfall sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Adapun software yang digunakan adalah Sublime Text sebagai text editor, Framework Codeigniter, PHP (Hypertext Preprocessor) sebagai bahasa pemrograman, MySQL (My Structured Query Language) untuk pengelolaan basis data dan XAMPP (X=Crossover yang artinya 4 software yang dapat berjalan diberbagai OS komputer, software tersebut yaitu Apache, MariaDB, PHP, Perl) sebagai lokal servernya. Teknik pengujian yang digunakan dalam sistem ini yaitu teknik pengujian black box. Berdasarkan pengujian black box yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa Rancang Bangun Website pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Belopa sudah layak digunakan dan semua tombol dapat berfungsi dengan baik. Hasil pengujian ahli website yang dilakukan oleh dua ahli diperoleh rata-rata persentase penilaian yaitu 100% dengan kategori interpretasi “sangat baik” yang berarti website ini sudah layak diimplementasikan atau digunakan.


Full Text:

PDF

References


R. Rosmiati dan M. H. Qamaruzzaman, “Sistem Informasi Pada SMAN 1 Kahayan Hilir Pulang Pisau Menggunakan Framework Codeigniter,” J. Sains Komput. Dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, hlm. 22–26, Mei 2020.

J. S. Pasaribu, “Penerapan Framework Yii Pada Pembangunan Sistem PPDB SMP BPPI Baleendah Kabupaten Bandung,” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan., vol. 3, no. 2, hlm. 154-163, April 2017.

A. Junaidi dan C. Sumirat, “Aplikasi Persediaan Barang PT. CAD Solusindo Menggunakan Metode Waterfall,” J. Sisfokom Sist. Inf. Dan Komput., vol. 7, no. 1, hlm. 28, Mar 2018.

R. I. Fanani, I. Aknuranda, dan Y. T. Mursityo, “Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Peternakan Kambing (Studi Kasus: Yoga’s Farm Kabupaten Tulungagung),” J. Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN. vol. 3, no. 4, hlm. 4033-4038, Apr 2019.

H. Arlini, N. Humairah, dan D. Sartika, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Teknik Advance Organizer,” Saintifik, vol. 3, no. 2, hlm. 182–189, Jul 2017.

N. Nirsal, R. Rusmala, dan S. Syafriadi, “Desain Dan Implementasi Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pakue Tengah.,” d'ComPutarE: Jurnal Ilmiah Information Technology., vol. 10, no. 1, hlm. 30–37, 2020.

A. Yani, A. Syauki, dan S. Marlina, “Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada Madrasah Aliyah Attaqwa Tangerang,” J. Inform., vol. 6, no. 2, hlm. 255–261, Sep 2019.

D. W. T. Putra dan R. Andriani, “Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD,” J. TeknoIf, vol. 7, no. 1, hlm. 32, Apr 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.