Analisis Sistem Antrian Pelayanan Administrasi Pasien Rawat Jalan Studi Kasus: Rumah Sakit Umum Daerah Kab. Pinrang

Febi Febriani, Zulfiqar Busrah

Abstract


Dengan adanya antrian maka seseorang diharuskan menunggu untuk mendapatkan sebuah pelayanan. Demikian halnya dalam pelayanan pada sebuah rumah sakit, seorang pasien harus mengantri untuk menunggu giliran dalam mendapatkan pelayanan administrasi. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem antrian di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Pinrang pada masa pandemi Covid-19 dan untuk mengetahui kinerja sistem antrian yang saat ini digunakan oleh Rumah Sakit tersebut. Langkah pertama yang dilakukan adalah mengambil data kedatangan pasien. waktu yang diperlukan pasien untuk mengantri dan lama waktu pelayanan pasien pada pelayanan administrasi pasien rawat jalan. Berdasarkan hasil penelitian, model antrian yang saat ini digunakan pada bagian registrasi pasien rawat jalan di RSUD Kab. Pinrang yaitu sistem antrian model jalur berganda atau Multi Channel-Multi Phase System (M/M/s). Adapun hasil penerapan rumus dari model (M/M/s) diperoleh bahwa waktu rata-rata terpanjang yang diperlukan pasien dalam antrian adalah 0.61 Jam atau 37.01 Menit. Adapun alternatif yang dapat menangani masalah pada loket pelayanan adalah merubah komposisi server dengan menggunakan analisis antrian prioritas (M/G/s). Strategi yang dapat dilakukan yaitu melalui penambahan loket menjadi 4 loket. Skenario penambahan 1 loket menghasilkan waktu rata-rata terpanjang yang dibutuhkan pasien dalam antrian menjadi 0.07 Jam atau 4.2 Menit.


Full Text:

PDF

References


U. S. Utara, “Universitas sumatera utara,” Anal. Sist. ANTRIAN PASIEN UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM KABANJAHE, 2018.

R. Sakit and U. Pusat, “Gambaran Sistem Antrian Pasien Dalam Optimasi Pelayanan Di Loket Pendaftaran Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati,” J. Kesehat. Masy., vol. 5, no. 4, pp. 1–14, 2017.

A. Hidayat, R. F. Malik, and S. Nurmaini, “Group Decision Support System (GDSS) dengan Metode Entropy untuk Menentukan Prioritas Antrian Layanan Rumah Sakit Menggunakan Multiple Channel Model (M/M/s),” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 114–125, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i2.342.

A. L. Belakang, “No Title,” Anal. Sist. ANTRIAN PADA PELAYANAN Apot. RUMAH SAKIT Pendidik. Univ. MUHAMAMADIYAH MALANG, pp. 1–7, 2019.

A. Hidayat, “MODEL SISTEM ANTRIAN RUMAH SAKIT DENGAN MODEL M/M/s DAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELOMPOK,” 2020.

M. Mulyadi, “Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya,” J. Stud. Komun. dan Media, vol. 15, no. 1, p. 128, 2013, doi: 10.31445/jskm.2011.150106.

“ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PANYABUNGAN KABUPATEN MANDAILING NATAL SUMATERA UTARA,” p. 91, 2019.

R. Sunarya, M. Aritonang, and Helmi, “Sunarya, Rido, Marisi Aritonang dan Helmi. 2015. Analisis Penerapan Sistem Antrian Model M/M/S Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pontianak. Buletin Ilmiah Mat. Stat. dan Terapannya (Bimaster). vol. 4. no. 2. 8 halaman.,” Bul. Ilm. Mat, Stat, dan Ter., vol. 04, no. 2, pp. 111–118, 2015.

M. K. Nengsih and M. V. Yustanti, “Analisis Sistem Antrian Pelayanan Administrasi Pasien Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Padmalalita Muntilan,” Manag. Insight J. Ilm. Manaj., vol. 12, no. 1, pp. 68–78, 2019, doi: 10.33369/insight.12.1.68-78.

“ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PANYABUNGAN KABUPATEN MANDAILING NATAL SUMATERA UTARA,” pp. 1–6, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.