Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis (SIG) Berbasis Web Sebagai Sistem Quality Monitoring Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di Kota Palopo

A Nawir, Nirsal Nirsal, Saddang Saputra, Wisnu Kurniadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah sistem informasi geografis sebagai sistem quality monitoring sekolah. Sistem ini akan membantu Dinas Pendidikan Kota Palopo dan masyarakat kota palopo dalam memantau Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama di Kota Palopo dari segi kemajuan dan kualitas sekolah berdasarkan tingkat pemenuhan standar nasionalnya. Sistem informasi geografis yang dibangun adalah sistem yang berbasis web sehingga sistem dapat diakses secara umum tanpa ada batasan waktu dan tempat serta dapat memudahkan dalam pengaksesan data dan penyampaian informasi karena tersedia melalui sistem pengolahan data yang terorganisir. Sistem ini dibangun dengan menggunakan Google Maps API untuk menampilkan fitur pemetaan. Pemetaan pada sistem informasi geografis ini terdiri dari pemetaan marker sekolah dan polygon kecamatan. Sistem ini dibagi atas 3 user yaitu Pengunjung, Kepala Bidang, dan Staf. Pada penelitian ini ada tiga metode yang dijadikan sebagai cara yang dilakukan oleh penulis untuk menganalisa kebutuhan dan melakukan perencanaan serta mengumpulkan data, yaitu metode wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, metode observasi, dan metode pustaka sehingga input maupun output dari sistem informasi geografis yang dibangun dapat seperti dengan yang diharapkan.

Full Text:

Untitled

References


UURI 23/2014, “Undang-Undang Republik Indonesia No 23 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.”

PPRI 32/2013, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.”

M. B. Musthafa, “Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk Memantau Kualitas SLTP di Kabupaten Gresik,” UIN Malang, 2013.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Citra, 2002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.