Perancangam Aplikasi Pembuatan Rencana Kegiatan Dan Anggaran Tahunan (RKAT)

Rusmala Rusmala, Nirsal Nirsal

Abstract


Rencana Anggaran Tahunan (RKAT) disusun untuk menjamin terlaksananya kegiatan administrasi dan akademik masing-masing unit pada suatu perguruan tinggi khususnya di tingkat fakultas dan biasanya direncanakan untuk pembiayaan kegiatan selama 2 semester di setiap tahun, yakni semester genap dan semester ganjil. Sistem informasi mulai dirasakan kebutuhannya ketika dalam proses penyampaian informasi dan pembuatan laporan keuangan setiap semesternya di dalam satu unit cukup menyita banyak waktu sedangkan kegiatan atau program yang lain harus tetap berjalan apalagi kondisi tim pengelola laporanpun kurang cekatan dalam mempersiakan dokumen pendukung dikarenakan dokumen yang dibutuhkan terlambat diproses di tingkat prodi, selain hal tersebut SDM dituntut untuk tetap melaksanakan kegiatan tri dharma yang memang merupakan kewajiban. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang format laporan keuangan pihak pengelola dalam proses pembuatan laporan. Metode peneliti dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumen dimana rancangan interfacenya menggunakan metodologi UML. Hasil dari penelitian ini berupa rancangan menu-menu yang digunakan dalam proses pembuatan lampiran keuangan yang dimana Analisis dan perancangan akan dibuat dalam dokumen perancangan, yang sering disebut dengan Deskripsi Perancangan Perangkat Lunak (DPPL). Adapun dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perancangan aplikasi pembuatan RKAT hanya berfokus pada proses desain interface dan apabila dikembangkan ketahap pembuatan (prototypingnya) lebih mempermudah pihak programmer dalam pencodingan.

Full Text:

Untitled

References


F. A. H. Annur, “Proses Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) di Kabupaten Kudus” Universitas Diponegoro, 2011.

H.M. Jogiyanto, Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2002.

H.M. Jogiyanto, Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

R. McLeod dan G. Schell, Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat, 2007.

A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2003.

L.M. Yulyantari, “Perancangan Aplikasi Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Laboratorium,” J. Sist. DAN Inform., vol. 10, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.