Aplikasi E-voting Pemilihan OSIS pada SMA NEGERI 11 Luwu

M Hajar Harike

Abstract


Tujuan Penulisan adalah menganalisa proses pemilihan ketua OSIS yang ada pada SMA Negeri 11 Luwu yang beralamatkan pada jalan Andi Djemma Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan. Sistem yang berjalan dalam proses pemilihan ketua OSIS dilakukan secara manual yaitu dengan panitia langsung mendatangi kelas-kelas dan mengambil hasil pemungutan suara terbanyak. Proses yang berjalan ini memiliki kekurang yaitu terjadinya kecurangan dan tidak efektifnya proses pemilihan. Untuk itu dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membantu dalam proses pemilihan ketua OSIS secara efektif tanpa kecurangan. Dalam perancangan aplikasi ini mengunakan database sebagai media penyimpanan data serta melakukan kegiatan e-voting secara online. Dalam penerapan apilkasi e-voting ini diharapkan dalam pemilihan OSIS yang berjalan pada SMA Negeri 11 Luwu dapat terlaksana dengan mudah dan dapat menghasilkan dokumentasi data yang tersaji secara sistematis serta memiliki keamanan sehingga dapat mencegah terjadinya kecurangan didalam proses pemilihan OSIS.Simpulan bahwa sistem pemilihan ketua OSIS ini dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan memudahkan user dalam mengaplikasikannya.

Full Text:

Untitled

References


Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, “Salin Peraturan Nomor 39 Tahun 2008 BAB III ORGANISASI Pasal 4” Indonesia, 2008.

U. Qalsum, "Mobile Voting Berbasis Flash Studi Kasus Pada Pemilihan Ketua Osis SMA Negeri 10 Palembang," Nat. Publ. Gr., vol. 10, no. 10, pp.1, 2012.

Mujiyana, I. Elissa, "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online", J@TI Undip, vol. 8, no. 3, pp.146, 2013.

A. Ali, Menguasai Internet Plus Pembuatan Web, Bandung, 2005.

F. Jack dan F. Andayani, Kamus Komputer dan Istilah Teknologi Informasi, Informatikia, Bandung, 2002.

D. D. Prasetyo, Tip dan Trik Kolaborasi PHP dan MySQL untuk membuat Web database yang interaktif, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2003

Anhar, Panduan Menguasai PHP dan MySQL Secara Otodidak, Jakarta: Mediakita, 2010.

Kurniawan, Joomla untuk Orang Awam, Palembang: Maxikom, 2009.

G. M. Scoott, "Sistem Pakar Diaknosa Penyakit Diare (Gastroentritis) dengan Menggunakan Forward Chaining", Jurnal Ilmiah Maksitek, vol. 2, no.3, pp. 39, 2017.

Fathansyah, Basis Data Refisi, Bandung: Informatika, 2012.

B. O. Lubis, "Penerapan Global Extreme Programming Pada Sistem Informasi Workshop, Seminar Dan Pelatihan Di Lembaga Edukasi", Informatika, vol. 3, pp. 236, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.