Rancang Bangun Prototype Thief Detector dengan SMS Gateway Berbasis Atmega 2560

Baso Ali, H Herlangga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat prototype alat pendeteksi pencuri berbasis Mikrokontroler Arduino Mega 2560, dimana alat ini dapat mendeteksi adanya pencuri yang ingin membobol pintu rumah ketika pemilik rumah tidak berada di dalam rumah atau pemilik rumah tertidur sehingga membuat pemilik rumah menjadi nyaman dan aman. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) yang mengembangkan alat thief detector menggunakan metode pengembangan berupa waterfall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada alat ini, pemilik rumah dapat mengamankan rumah ketika ingin pergi keluar rumah atau ingin tidur dengan mengaktifkan pendeteksian gerakan dengan menggunakan aplikasi Android yang dihubungkan dengan konektivitas Bluetooth melalui modul Bluetooth HC-05. Ketika pemilik rumah menekan tombol aktif atau tidak aktif pada aplikasi Android, maka data dari aplikasi Android akan dikirim melalui modul Bluetooth HC-05 ke Arduino Mega untuk diproses, apakah pendeteksian alat diaktifkan atau tidak. Ketika alat diaktifkan dan sensor PIR mendeteksi adanya pergerakan pencuri yang ingin masuk ke rumah, maka data yang diterima oleh sensor PIR bahwa gerakan terdeteksi akan dibaca oleh Arduino Mega 2560. Data yang dibaca Arduino Mega 2560 akan diteruskan ke A6 GSM Module untuk mengirimkan pesan singkat ke pemilik rumah dan diteruskan ke buzzer agar berbunyi.

Full Text:

Untitled

References


Junaidi, dan Y. D. Prabowo, Project Sistem Kendali Elektronik Berbasis Arduino, Bandar Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja, 2018.

J. Boxall, Arduino Workshop: A Hands-On Introduction with 65 Projects. San Fransisco: Starch Press, 2013.

T. S. Pranay, Y. Megha, M. Swathi, and A. Suvarnamma, “Security Assistance Device Using Wireless Technology for Woman”, International Journal of Pure and Applied Mathematics, vol. 119, no. 12, pp. 6743-16747, 2018.

A. Kadir, Pemrograman Arduino & Android Menggunakan App Inventor, Jakarta: PT Elex Media Komputerind, 2017.

R. Susanto dan A. D. Andriana, “Perbandingan Model Waterfall dan Prototyping Untuk Pengembangan Sistem Informasi”, Majalah Ilmiah UNIKOM, vol. 16, no. 1, pp. 41-46, 2016.

M. R.Asad, O. D. Nurhayati dan E. D. Widianto, “Sistem Pengamanan Pintu Rumah Otomatis via SMS Berbasis Mikrokontroller ATMega328P”, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2015.

M. Sabar, K. Ismail dan S. Riyanto, “Rancang Bangun Sistem Akses Kontrol Keluar Masuk Rumah Menggunakan Selenoid Doorlock Dan Sensor Fingerprint Berbasis Mikrokotroler Atmega 328” dalam Proceedings Citisee Amikompurwokerto, 2015, pp. 335-338


Refbacks

  • There are currently no refbacks.