Identifikasi Tutupan Lahan Kawasan Pemukiman Kelurahan Kambo Kota Palopo Menggunakan Citra Landsat 8 dengan Teknik Unsupervised Clasification

Aryadi Nurfalaq, Andi Jurmardi, Rahma Hi Manrulu

Abstract


Kawasan pemukiman Kelurahan Kambo berada pada lereng bukit sehingga sangat berpotensi terjadinya longsor. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tutupan lahan di Kawasan Pemukiman Kelurahan Kambo menggunakan citra LANDSAT 8. Manfaat dari penelitian ini sebagai langkah awal dalam memitigasi bencana longsor di kawasan pemukiman Kelurahan Kambo. Citra LANDSAT 8 akuisisi tanggal 19 September 2019 diunduh dari website Sentinel Hub EO. Tahapan dalam memproses citra meliputi komposit citra, penajaman citra, ekstraksi (masking) citra, klasifikasi citra menggunakan unsupervised classification, ground check dan analisis. Tutupan lahan di Kawasan pemukiman Kelurahan Kambo terdiri dari empat kelas yaitu hutan (vegetasi lebat) tersebar di sebelah barat dan timur lokasi penelitian dengan persentase 17,3%, semak belukar tersebar merata di kawasan pemukiman Kelurahan Kambo dengan persentase 29,9%, kebun campuran mendominasi tutupan lahan di Kawasan pemukiman Kelurahan Kambo dengan persentase 30,5% dan pemukiman (lahan terbuka) terletak di sepanjang jalan poros kecamatan dengan persentase 22,3%.

Full Text:

Untitled

References


Kementerian ESDM, “Laporan Singkat Pemeriksaan gerakan tanah di Kecamatan Angkona Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan”, Sulawesi Selatan, 2017, (Online). (http://www.vsi.esdm.go.id/index.php/gerakan-tanah/kejadian-gerakan-tanah/1602-laporan-singkat-pemeriksaan-gerakan-tanah-di-kecamatan-angkona-kabupaten-luwu-timur-provinsi-sulawesi-selatan)

Palopo Pos, “Longsor di Kambo, satu rumah ambruk”, Palopo, 2016, (online). (https://palopopos.fajar.co.id/2016/10/27/longsor-di-kambo-satu-rumah-ambruk)

R. M. Sampurno and A. Thoriq, "Klasifikasi Tutupan Lahan Menggunakan Citra Landsat 8 Operational Land Imager (OLI) di Kabupaten Sumedang", Jurnal Teknotan, vol. 10, no. 2, 2016.

Z. U. Maksum, Y. Prasetyo, and Haniah, "Perbandingan Klasifikasi Tutupan Lahan Menggunakan Metode Klasifikasi Berbasis Objek dan Klasifikasi Berbasis Piksel Pada Citra Resolusi Tinggi Dan Menengah", Jurnal Geodesi Undip, vol. V, no. 1, 2016.

D. Kushardono, Klasifikasi Digital pada Penginderaan Jauh. Bogor: IPB Press, 2017.

B. Prayuda, Panduan Teknis Pemetaan Habitat Dasar Perairan Laut Dangkal. Coral Reef Information and Training Center (CRITC). Coral Reef Rehabilitation and Management Program (COREMAP) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jakarta: LIPI, 2014.

A. Nurfalaq, and R. H. Manrulu, Belajar Sistem Informasi Geografis. Palopo: UNCP Press, 2018.

D. Arifin, N. E. Rahma, and R. Mahara, "Identifikasi Tutupan Lahan Kota Samarinda dengan Memanfaatkan Citra Satelit Landsat-8 dan Algoritma NDVI," Jurnal ELIPSOIDA, vol. I, no. 2, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.