Penerapan SIG dalam Analisis Daerah Rawan Longsor (Studi Kasus Sepanjang Jalan Poros Antar Kabupaten Kecamatan Wara Barat Kota Palopo)

Andi Jumardi, Aryadi Nurfalaq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi daerah rawan bencana longsor dan penentuan lokasi pengamatan rawan bencana longsor di sepanjang jalan poros antar kabupaten Kota Palopo-Kabupaten Toraja Utara berbasis SIG. Metode yang digunakan adalah survey lapangan dan menganalisis data spasial berbasis SIG. Berdasarkan pembahasan yang telah dilakukan maka analisis dengan menggunakan SIG dapat dimanfaatkan dalam mengidentifikasi potensi longsor berupa pembuatan peta kemiringan lereng. Daerah yang mengalami keretakan berada dalam daerah kategori kemiringan lereng datar hingga kemiringan lereng rendah. Sedangkan daerah yang mengalami longsor berada pada daerah dengan kategori kemiringan lereng sedang hingga tinggi.

Full Text:

PDF

References


Detik, Tanggapan Bencana Gerakan Tanah, di Kec. Wara Barat, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, 2009 Online pada 5 januari 2015 Pukul 23.34.

Indarto, Sistem informasi Geografis, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Wahana Komputer, Pemodelan SIG untuk Mitigasi Bencana, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2015.

E. Prahasta, Sistem Informasi Geografis, Bandung: Informatika Bandung, 2014.

F. Padli, A. Jumardi, Z. Busrah, dan B. Asrun, “Identifikasi Kemiringan Lereng di Kawasan Pemukiman Kecamatan Mungkajang Berbasis Gepgraphic Information Sistem” di Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komputer (SEMANTIK), 2017, Vol. 1, pp. 7-17


Refbacks

  • There are currently no refbacks.