PENINGKATAN KETUNTASAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA SISWA KELAS VII-H SMP NEGERI 6 PALOPO

Asrar Mufida Masdy

Sari


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di SMP Negeri 6 Palopo yang bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan belajar matematika siswa melalui pendekatan realistik. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII-H SMP Negeri 6 Palopo pada tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 29 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh setelah pelaksanaan tindakan adalah: (1) pada Siklus I, jumlah siswa yang tuntas dalam belajar matematika sebanyak 11 orang (37,93%), (2) pada Siklus II, jumlah siswa yang tuntas belajar matematika sebanyak 25 orang (86,21%). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar matematika siswa dari Siklus I ke Siklus II, dan (3) sikap siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan cenderung mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar matematika siswa Kelas VII-H SMP Negeri 6 Palopo setelah dilaksanakan pembelajaran dengan pendekatan realistik.
Kata kunci : Ketuntasan belajar matematika dan pendekatan realistic

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


A., A. L. (2014). Penerapan Pemdekatan Realistic Mathematiics Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Soal Cerita Tentang Himpunan di Kelas VII MTsN Palu Barat . Jurnal Eleketronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 2 Nomor 1, Tahun 2014, 1-11.

Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe . Jurnal Didaktik Matematika, Volume 1, Nomor 1, Tahun 2014, 21-34.

Fitri, R., Helma, & Syarifuddin, H. (2014). Penerapan Strategi The Firing Line pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 1, Tahun 2014, 18-22.

Handayani, Y. (2004). Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Matametika melalui Pendekatan Problem Posing seacara Berkelompok pada Siswa Kelas III SLTP Negeri 33 Makassar. Makassar: FMIPA Universitas Negeri Makassar.

Ilyas, M., & Salwah. (2017, February). Comparison of student’s learning achievement through realistic mathematics education (RME) approach and problem solving approach on grade VII. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1813, No. 1, p. 050002). AIP Publishing.

Lado, H., Muhsetyo, G., & Sisworo. (2016). Penggunaan Media Bungkus Rokok untuk Memahamkan Konsep Barisan dan Deret Melalui pendekatan RME. Jurnal Pembelajaran Matematika, Tahun III, Nomor 1, Tahun 2016, 1-9.

Rudiono, T., Dafik, & Wahyuningrum, E. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis RME Berorientasi Terciptanya Berpikir Tingkat Tinggi Materi Perbandingan Kelas VII. Pancaran, volume 4, Nomor 1, Tahun 2015, 45-54.

Sarbiyono. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Pemecahan Malasah Matematis Siswa . Jurnal Review Pembelajaran Matematika Volume 1, Nomor 2, Tahun 2016, 163-173.

Sugesti, F. E., Budiyono, & Subanti, S. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Numbered Heads (SNH) dan Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) Siswa. Journal of Mathematics and Mathematics Education Volume 4, Nomor 1, Tahun 2014, 1-10.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.