KARAKTERISTIK MODUL BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MELATIHKAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA

Rezki Ramdani, Agustan S, Sirajuddin Sirajuddin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika dengan pendekatan pemecahan masalah untuk melatihkan berpikir reflektif siswa kelas VII SMP pada materi keliling dan luas persegipanjang dan persegi. Modul yang dihasilkan dalam bentuk cetak yang memiliki karakteristik berpikir reflektif sehingga modul yang dihasilkan dapat memandu dan membimbing siswa untuk terlatih berpikir reflektif. Adapun komponen berpikir reflektif yang akan dilatihkan dalam modul matematika ini adalah; (1) Formulation and synthesis of the experience; (2) Orderliness of experience; (3) Evaluation of experience; dan (4) Testing the selected solution based on the experience. Untuk mengetahui bagaimana mengembangkan modul dengan kualitas yang ditentukan maka tiga kriteria harus terpenuhi yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Pengembangan modul dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan langkah-langkah: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data pengembangan dan kualitas modul, yaitu: lembar penilaian modul, angket pendapat siswa, wawancara guru, dan pretest-postest. Pengembangan modul matematika dengan pendekatan pemecahan masalah untuk melatihkan berpikir reflektif siswa kelas VII SMP dilakukan sebagai berikut: analysis (analisis) meliputi analisis kurikulum,dan analisis situasi pembelajaran; design (perencanaan) meliputi pengumpulan referensi, menyusun materi, melengkapi unsur-unsur modul, dan merancang layout (tampilan); development (pengembangan) meliputi pengembangan modul awal, validitas ahli, dan revisi produk; implementation (implementasi) meliputi penerapan modul dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII sebagai kelas uji coba dan pengisian angket pendapat siswa; tahap terakhir adalah evaluation (evaluasi) meliputi evaluasi semua tahapan dan revisi kembali berdasarkan hasil evaluasi tersebut hingga mendapatkan produk akhir yaitu modul matematika yang dapat melatihkan berpikir reflektif siswa kelas VII SMP.

Kata Kunci: modul, berpikir reflektif, pemecahan masalah

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Lipman, M. Thinking in Education. Cambridge: Cambridge University Press. 2003.

Ambrose, R. Initiating Change in Prospective Elementary School Teachers’ Orientations to Mthematics Teaching by Building on Beliefs. Journal of Mathematics Teacher Education. Vol. 7, (91-119). 2004.

Gelter, H. Why is Reflective Thinking Uncommon? Journal of Reflective Practice, Vol.4, No.3. 2003.

Koszalka, T. KaAMS: A PBL Environment Facilitating Reflective Thinking. Learning and Instruction Section. NY. 2001.

Kocoglu, Z., Aykel, A. & Ercetin, G. Pen/Paper and Electronic Portofolios: An Effective Tool for Developing Reflective Thinkingof Turkish EFL Student Teachers?. Medditernean Journal of Educational Studies. Vol. 13, No.1 (1-24). 2008.

Henderson, K. Encouraging Reflective Learning: An Online Challenge. Proceedings of The 21th ASCILITE Conference (357-364). 2004.

Pribadi, Benny A. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat. 2009.

Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta. 2006.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.