PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 5 BONE

Hasisa Haruna, Sitti Marlina

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Bone. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana dengan menggunakan Aplikasi SPSS. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan kuisioner dengan jumlah sampel sebanyak 21 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dengan rumus Y = a+bX. Hasil analisis dan pembahasan didapat nilai signifikan sebesar 0.009 < 0.0, artinya kompetensi guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Bone.

Kata Kunci : Kompetensi Guru, Prestasi Belajar Siswa

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Adha, 2015. Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Peer Mediated Instruction And Intervention Dan Model Pembelajaran Think Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Biologi. Hal. 25. Skripsi Diterbitkan. Jurnal UIN Alauddin Makassar. 2016.

Budiati, 2015 Penerapan Model Pembelajaran Peer Mediated Instruction And Intervention (Pmid Tipe- Classwide Peer Gwpd Danteknikevaluasi Index Card Match Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Dan Hasil Pembelajaran Biologi kelas VII SMP Negeri 22 Surakarta. Jurnal Http/www;unesha.co.id Akses (19/09/2015).

Haling.2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Kunandar, 2007. Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Lie, 2007. . Cooperative Learning:“Mempraktekkan Cooperative Learning di dalam Ruang-Ruang Kelas”. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Mahendrayani, dkk. 2014. Pengaruh model PMII tipe CWPT Berbantuan Mnemonic Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD.Jurnal http//www: PGSD Ganesha.ac.id. Akses (19/09/2015). Nobel, Michele McMahon. Effect of Classwide Peer Tutoring in The Acquisition, Maintenance, and Generalization of Science Vocabulary Words for Seventh Grade Students with Learning Disabilities and/or Low Achivement (2011), h. 16. http//: Boston The Ohio University.

Paul, E & Don, K. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Permata Puri Media.

Sahabuddin, 2011. Mengajar dan Belajar. Makassar : Badan Penerbit UNM

Sanjaya, W. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Tarsito

Taufiq, A. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenana Media Grup.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.