PENERAPAN SSP TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS I SDN 1 ENREKANG

Masnur Masnur, Aminullah Aminullah

Sari


Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan karakter peserta didik. Subjek penelitian ini adalah Peserta didik kelas 1 SDN 1 Enrekang yang berjumlah 30 orang Peserta didik, yang terdiri dari 13 orang Peserta didik laki-laki dan 17 orang Peserta didik perempuan. Data hasil yang diperoleh awal/pratindakan hanya sebesar 68,33, meningkat pada Siklus I menjadi 70,17, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 79. Persentase ketuntasan belajar pada kondisi awal/pratindakan 56,67%, meningkat pada Siklus I menjadi 66,67%, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 90%. Data hasil observasi peserta didik pada karakter kejujuran pada siklus I sebesar 16,62 dengan kategori negative, meningkat pada siklus II menjadi 22,86 dengan kategori sangat positif. Hasil observasi peserta didik pada karakter disiplin sebesar 21,67 dengan kategori positif, meningkat pada siklus II menjadi 26,95 dengan kategori sangat positif. Hal ini menunjukan bahwa melalui Penerapan SSP Tematik dapat meningkatkan hasil belajar dan karakter peserta didik kelas I SDN 1 Enrekang.

Kata Kunci : SSP Tematik, hasil belajar, karakter

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Bandung. Rizqi Press

Berk, L. E. (2007). Development through the lifespan. Boston: Pearson Allyn and Bacon.

California State University Northridge. (2006). Effective teaching. Teachers for a New Era. [Online]. Available:http://www.csun.edu/tne/effective%20teaching%20jan%2006%20FINAL. pdf. Diakses pada tanggal 27 juni 2014.

Lickona, T. (1991). Educating for character : how our schools can teach respect and responsibility. Nuw York: Bantam.

Masnur, (2017). Pengaruh SSP tematik terhadap peningkatkan karakter kejujuran dan disiplin peserta didik kelas I SD (online). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/7745.

Republik Indonesia. (2003). Undang- Undang RI 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Suharsimi, Arikunto. (2007). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.

Suharsimi, Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.