HUBUNGAN ANTARA KETERLAKSANAAN PRAKTIKUM IPA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KABUPATEN ENREKANG
Sari
Kata Kunci: Keterlaksanaan Praktikum, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Teks Lengkap:
Tidak berjudulReferensi
Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek Edisi II. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. 2015. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Eva, C., Vanderheyden, K. & Backhaus, K. 2014. The Impact of Student Style Differences and Motivation on Learning Outcomes in Management Education: An International Inquiry. Jurnal Reflecing Education 9 (2).
Freedman, M. P. 1997. Relationship Among Laboratory Instruction, Attitude Toward Science, and Achievement in Science Knowledge. Jurnal of Research in Science Teaching. 34(4).
Kemendikbud. 2014. Panduan Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium IPA, Direktorat Jenral Pendidikan Dasar, Direktorat Pembina Sekolah Menengah Pertama.
Khamida, N. & Aprilia, N. 2014. Evaluasi Program Pelaksanaan Praktikum Biologi Kelas XI SMS Se- Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. JUPEMASIPBIO. 1(1).
Laite, L. & Luis, D. 2013. Laboratory Activities, Science education and Problem Solving Skills. Procedia Social and behavioral Sciences. 106.
Maarif, N. 2016. Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Kegaitan Praktikum di Laboratorium IPA SMP AL Umar Ngargosoko Strumbung Junior School, Magelang. Jurnal Hanata Widya. 5(7).
Rustaman, N. 2011. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: UPI.
Safitri, D., Maryam., & Mustami, K.M. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran ARIAS Setting Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Motivasi dan Hasil Biologi. Jurnal Biotek 4(2).
Santrock. J. W. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sutrisno, W. 2007. Pemeliharaan Fasilitas Laboratorium IPA untuk Diklat Teknis Laboratorium. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan tenaga Kependidikan IPA.
Sutrisno, W. 2007. Pemeliharaan Fasilitas Laboratorium IPA untuk Diklat Teknis Laboratorium. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan tenaga Kependidikan IPA.
Wulandari V, C, P., Masjhudi., & Bulqis. 2013. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Penguasan konsep Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Malang. Tesis Magister. Tidak Diterbitkan. Universitan Negeri Malang.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.