PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK-PAIR-SHARE DALAM DUNIA IPTEK

Elihami Elihami, Suparman Suparman, Yunus Busa, Andi Saharuddin

Sari


Untuk penelitian ini yakni mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share terhadap hasil belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD Negeri 8 Parepare, sehingga dapat dirumuskan masalah tentang pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD Negeri 8 Parepare melalui tinjauan pengembangan IPTEK. Pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa. Penerapan pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukan dengan antusias siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.

Kata Kunci: Think-Pair-Share; kooperatif;

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasarEvaluasiPendidikan. Jakarta: BumiAksara Arifah Kusnul. 2016. Penerapan Permainan Melipat Kertas Untuk Meningkatkan Motorik Halus. Wahana Pedagogika.

Arikunto Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiningsih Asri C. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Cristiana Elisabeth . 2016. Pengaruh Kegiatan Origami Terhadap Keterampilan Motorik Halus. PAUD Teratai.

Decaprio. 2013. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik Di Sekolah. Terjemahkan Oleh Zio Perdana. Jogjakarta.

Elihami, E., & Syarif, I. 2017. Leadership Management And Education Planning: Developing The Entrepreneurship Training Of Islamic Education. In International Conference On Education (Vol. 1, No. 01).

Elihami, E. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Melalui Kuis Dengan Umpan Balik Pada Mahasiswa Kelas. SAFINA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 27-37.

Eggen, Paul & Kauchak, Don. 2004. Educational Psychology Windows on Classrooms. New Jersey: Pearson education.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning efektivitasPembelajaranKelompok. Bandung: Alfabeta.

Kurwardani Herini. 2018. Kegiatan Melipat Kertas Dapat Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia. PGRA.

Mariati Putu Desak. 2014. Penerapan model pembelajaran langsung (direct Instruction) berbantuan media seni melipat kertas untuk meningkatkan kemampuan motorik halus. PG-PAUD.

Nurhadi&Senduk, AgusGerrad. 2009.PembelajaranKontekstual. Surabaya: JP Books

Sudijono Anas. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2007. Interaksi Dan MotivasiDalamBelajarMengajar. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Sukardi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi danPengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Trionto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/ RA & Anak Usia Kelas Awal SD/ MI. Surabaya: Kencana Presana Media Group.

Trianto. 2007. Model-model PembelajaranInovatifBerorientasiKonstruktivistik. Surabaya: PrestasiPustaka. Trianto. 2011. Mendesain Model PembelajaranInovatif-Progresif: Konsep, Landasan, danImplementasinyapadaKurikulum Tingkat SatuanPendidikan. Jakarta. KencanaPrenada Media Group.

Warjiatun. 2016. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Melipat Kertas Dengan Metode Pemberian Tugas. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI).

Wiryaningsih Ayu Seri. 2006. Penerapan Kegiatan Melipat Kertas Origami Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.