KEMAMPUAN MATEMATIKA PISA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Putriyani S, Suarti Djafar

Sari


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik dan level kemampuan matematika PISA mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan instrumen bantu berupa soal matematika PISA yang telah dikembangkan, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa level terendah yang dicapai mahasiswa adalah level 3 sebanyak 3 orang atau 17,64% dari 17 orang mahasiswa semester II. Sedangkan level tertinggi yang dapat dicapai adalah level 5 sebanyak 9 orang (52,96%), dan sebanyak 5 orang (29,41%) mencapai level 4.

Kata Kunci : Kemampuan Matematika PISA.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Edo, S, I., Hartono, J., & Putri, R. I. I., (2013). Investigasi Secondary School Students’ Difficulties in Modelling PISA-Model Level 5 and 6. IndoMS. J.M.E, 4(1), 41-58

Johar, R, & Zainabar. (2013). Students’ Performance on Shape and Space Task of PISA Question. Proceeding International Conference on Education held, by Consortium AsiaPacific Education Universities at Syiah Kuala University, Banda Aceh, September 4-6, 2013.

Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N.A. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142-155.

Nurafiah, Nurlaelah, & Sispiyati. (2013). Perbandingan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Antara yang Memperoleh Pembelajaran Means – Ends Analysis (MEA) dan Problem Based Learning (PBL), 18 (1), 1-8.

Stacey, K. (2011) The View of Mathematics Literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education (Indo-MS_JME), 4(2), 1-24

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Wardhani, Sri., Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. (Online). Tersedia: http://p4tkmatematika.org/file/Bermutu%202011/SMP/4.INSTRUMEN%20PENILA IAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATEMATIKA%20.....pdf. Diakses 15 Maret 2017


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.