Tingkat adopsi petani terhadap penerapan teknologi sekolah lapang tanaman terpadu (SL-PTT) padi sawah

Safaruddin Safaruddin, Ihwan Syamsuddin, Nurhilal Nurhilal

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana mengetahui tingkat adopsi petani terhadap penerapan SL-PTT padi di desa patoloan kecamatan bone-bone kabupaten luwu utara. Waktu penelitian dimulai pada bulan maret dan berakhir pada bulan mei 2010. Penentuan responden dengan mengambil 15% responden yang ada di desa patoloan.
Pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, yaitu jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara langsung kepada petani responden. Sedangkan pengumpulan data sekunder diperoleh dari instansi-instansi terkait yang ada hubunganya dengan topik penelitian.
Dari hasil penelitian diperoleh gambaran sebagai berikut :
1. Tingkat penerapan SL-PTT pada petani responden di desa patoloan kecamatan bone-bone kabupaten luwu utara tergolong sedang ( 65,94% ).
2. Faktor yang berhubungan sangat nyata terhadap adopsi penerapan SL-PTT ialah umur petani,intensitas pertemuandengan penyuluh, pengalaman berusaha tani, tanggungan keluarga sedangkan faktor yang tidak berhubungan sangat nyata dengan adopsi penerapan SL-PTT ialah luas lahan dxan tingkat pendidikan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwi, K, 2007 Menegement dan Pembinaan Kelompok Tani di Luwu Utara. Disampaikan dalam “ Dialog awal tahun 2008 PDK’’ Luwu Utara.

Arisudirman, 1980. Ekonomi produksi pertanian. Bina Sarana Utama. Bandung.

AT. Mosher, 1981. Membangundan menggerakkan pertanian. Yasaguna. Jakarta.

Balai pengkajian teknologi pertanian, 2008. Pengelolaan Tanaman Terpadu; Meningkatkan Hasil dan Pendapatan, Menjaga Kelestarian Lingkungan. BPPTP. Jakarta.

Depertemen Pertanian, 2007. Pemberdayaan Kelompok tani dan Gapoktan. DEPTAN. Jakarta.

Dinas pertanian dan kelautan, 2008. Pengelolaan tanaman terpadu; padi sawah irigasi. PEMDA dinas pertanian dan kelautan luwu utara. Masamba.

Mardikanto. T, 1993. Penyuluhan pembangunan pertanian. Sebelas Maret University Press, Surakarta.

Redaksi Agromedia, 2007. Cara Praktis Membuat Kompos. Agromedia. Jakarta.

Soenarto, 1993. Metode Penyuluhan Pertanian. PT. Mediafarma Perkasa. Jakarta.

Sudjana, 1992. Metode statistik. Penerbit Tarsito, Bandumg.

Suyanto dan Sarlan Abdurachman, 2006. Pemupukan Padi Sawah; Berdasarkan Target Hasil Panen. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/perbal.v2i3.60

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.