Evaluasi Penyaluran dana Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) Terhadap Ketersediaan Pangan Masyarakat

Saliman Saliman, Sukimin Sukimin

Sari


Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah (a) Sebagai bahan informasi bagi gabungan kelompok tani sekaligus menjadi; (b) petunjuk teknis dalam pengelolaan bantuan pemerintah; (c) Sebagai bahan kajian bagi penulis dalam melakukan penelitian lapangan. Penelitian mi dilaksanakan di 3 Gapoktan Penerima Dana Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) yang disalurkan oleh Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Luwu Utara, dagan pertimbangan bahwa gabungan kelompok tani tersebut merupakan Gapoktan yang telah berpengalaman mengelola dana Bantuan Langsung Masyarakat yang sebelumnya dikenal dengan Lembaga Usaha Ekonomi Perdesaan. Maka dapat disimpulkan Pengelolaan Dana LDPM yang digulirkan oleh Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Luwu Utara dapat dikelolah dengan baik, serta mampu menjamin kctersediaan pangan sepanjang musim. Hal mi terbukti dengan masih adanya stok gabah pada gudang gapoktan.

Teks Lengkap:

Untitled

Referensi


Anonim, 2006. Kinerja Badan Ketahanan Pangan Tahun 2006. Badan Ketahanan Pangan Departemen Pertanian, Jakarta.

Anonim, 2008. Pedoman Umum Pelaksana Penguatan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat Departemen Pertanian, Jakarta

.

Ariani, M., H.P. Saliem, S.H. Suharitim, Wahida dan M.H. Sawit. 2000. Dampak Krisis Ekonomi terhadap Konsumsi Pangan Rumahtangga.

Laporan Hasil Penelitian. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Badan Litbang Pertanian. Bogor

Erwidodo, H.P. Saliem, M.Ariani dan E. Ariningsih. 1999. Pengkajian Diversifikasi Konsumsi Pangan Utama di Indonesia. Laporan Hasil Penelitian, Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Badan Litbang Pertanian. Bogor.

Irawan, P.B dan H. Romdiati. 2000. Dampak Krisis Ekonomi Terhadap Kemiskinan dan Beberapa Implikasinya Untuk Strategi Pembangunan. Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi VII, 29 Februari-2 Maret. LIPI, Jakarta.

Pusat Penelitian Agro Ekonomi. 2006. Pola Konsumsi Pangan, Proporsi dan Ciri Rumah Tangga Dengan Konsumsi Energi Dibawah Standar Kebutuhan. Kerjasama Direktorat Bina Gizi Masyarakat, Depkes. dengan PAE, Deptan. Bogor.

Nainggolan, 2008. Kinerja Pemantapan Ketahanan Pangan. Badan Ketahanan Pangan Departemen Pertanian, Jakarta.

Sawit, M.H. dan M. Ariani. 2007. Ketahanan Pangan: Konsep, Kebijaksanaan dan Pelaksanaannya. Makalah disampaikan pada Seminar PraWKNPG VI, Bulog, Jakarta 26—27 Juni.

Saliem, H.P.,M. Ariani, Y. Marisa dan T.B.Purwantini. 2002. Analisis Kerawanan Pangan Wilayah Dalam Perspektif Desentralisasi Pembangunan. Laporan Hasil Penelitian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian. Bogor.

Suryana,A. 2004. Ketahanan Pangan di Indonesia. Makalah pada Widyakarya Nasional Pangan dan Gin VIII. Jakarta, 17-19 Mei. LIPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/perbal.v2i3.58

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.