KELIMPAHAN PARASITOID TELUR Telenomus spp PADA SAWAH DENGAN REFUGIA dan TANPA REFUGIA DI KECAMATAN MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA

Rahmawasiah Rahmawasiah, I Nyoman Arnama

Sari


Telenomus spp merupakan salah satu parasitoid telur penggerek batang padi putih (Schirpophaga innota). Telenomus spp sangat potensial untuk menekan populasi penggerek batang padi putih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelimpahan Telenomus spp pada persawahan yang ditanami refugia dan tanpa refugia. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara Propinsi Sulawesi Selatan, yang berlangsung mulai Februari sampai Juni 2020. Penelitian dilakukan dengan membandingkan kelimpahan Telenomus spp pada persawahan yang ditanami refugia dengan persawahan tanpa refugia. Refugia yang digunakan yaitu bunga kertas dan Bunga kenikir yang ditanam 30 hari sebelum penanaman padi. Setiap perlakuan terdiri dari empat unit penelitian dengan luasan masing-masing 1000 m2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman refugia memberikan pengaruh terhadap kelimpahan Telenomus spp pada pertanaman padi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Altieri, M. A., dan V.M. Toledo. 2011. The Agroecological Revolution in Latin America: Rescuing nature, Ensuring Food Sovereignty and Empowering Peasants. Journal of Peasant Studies 38(3)D.K Letourneau dan Toledo 2007.

Aunu Rauf. 2000. Parasitisasi Telur Penggerek batang padi putih , Schirpophaga innotata (Walker) (Lepidoptera: Pyralidae), saat Terjadi Ledakan di Karawang pada Awal 1990-an. Buletin Hama dan Penyakit Tumbuhan 12 (1).

Baehaki. 2012. Penggerek Batang Padi dan Teknologi Pengendalian. Balai Besar Tanaman Padi Subang Jawa Barat.

Baehaki. 2013. Berbagai Faktor Penyebab Ledakan Penggerek batang padi putih Schirpophaga innotata (Walker) pada Pertanaman Padi di Jalur Pantura.

Borror, D.J., C.A Triplehorn dan N.F. Johnson. 1996. Pengenalan Pelajaran Serangga. Edisi Keenam. Gadjah MAda University Press. Yogyakarta.

Barrion AT dan Letsinger J A. 1994. Taxonomy of Rice Insect Pest and Their Arthropod Parasities and Predators. International Rice Research Institute, Manila.

Kurniawati, N, & Martono, E. 2015. Peran Tumbuhan Berbunga Sebagai Media Konservasi Artropoda Musuh Alami. Jurnal Perlindungan Tanaman Indonesia, Vol. 19, No. 2, 2015: 53–59.

Pujiastuti Y, H.W.S.Weni, Abu U. 2015. Peran Tanaman Refugia terhadap Kelimpahan Serangga Herbivora pada Tanaman Padi Pasang Surut. Prosiding Seminar Nasional Lahan Suboptimal (8-9 Oktober 2015).




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/perbal.v9i1.1564

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.