KEFEKTIFAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 SABBANG KABUPATEN LUWU UTARA

Rendi Rendi

Sari


Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan mendeskripsikan keefektifan pendekatan contextual teaching and learning pada pembelajaran menulis siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Sabbang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sabbang yang berjumlah 74 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Proposive Sampling (sampel bertujuan). Cara pengambilan data dengan observasi, pemeriksaan hasil tes awal dan akhir, dokumentasi dan melakukan penilaian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara statistik dengan menggunakan SPSS versi. 18.00. Berdasarkan hasil penelitian bahwa metode contextual teaching and learning efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis cerita pendek. Hal tersebut tampak dari hasil analisis statistik yang menyatakan bahwa ttabel -2,064, thitung -4,997 dan p 0,000 karena p < α = 0,05. Karena thitung > ttabel (-4.997 > -2,064) dan p < α (0,000 < 0,05). Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa pendekatan contextual teaching and learning efektif dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri5 Sabbang.

Kata Kunci


Contextual teaching and learning, cerpen

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Adiwardoyo, Winarno. 1990. Latihan Apresiasi Sastra. Malang:Bandung. Yayasan Asah Asih Asuh/Y A3

Alchaedar, Alwasilah. 2007. Contextual Teaching and Learning. Penerbit MLC. Bandung

Alniati. 2016. Keefektifan Metode Peta Konsep pada Pembelajaran Menulis Teks Narasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Palopo. Skripsi. Palopo: FKIP UNCP

Antara, I.G.P. 1986. Teori Sastra. Singaraja : FKIP. UNUD

Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Jakarta.Persada

Darisman, Muh, dkk. 2007. Ayo Belajar Berbahasa Indonesia. Bogor : Yudhistira.

Djuanda. 2003. Teori Sastra. Makassar: FBS UNM

Febriyani, Sari. 2015. Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Cerpen dalam Surat Kabar Singgalang Siswa Kelas XI MAN Sumpur. Skripsi. Sumatra Barat: FKIP

Harjanati, Eni. 2015. Keefektifan Penggunaan Media Wall Chart (Bagan Dinding) dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA N 1 Seyegan. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Megayani, Putu Elsi. 2013. Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Cerpen Melalui Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas Vii C Smp Sunari Loka Kuta Badung Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Denpasar: FKIP Uiv. Mahasaraswati Denpasar

Nurgiantoro, Burhan. 2001. Penelitian dan Pengajaran dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: BPFE

Nurhadi, Dkk. 2003.UMPress 2003. Malang.

Retnoningsih, dan Suharso 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Widya Karya. Semarang.

Rosidi, Ajip. 2009. Sejarah Sastra Indonesia. Jakarta : Pustaka Jaya.

Rosyanti. 2016. Keefektifan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Lamasi. Skripsi. Palopo: FKIP UNCP

Subana dan Sudrajat. 2005. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Pustaka Setia. Jakarta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung.Alfabeta

Sumardjo dan Saini KM. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia

Syarif, 2009. Pembelajaran Menulis. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Tarigan, Henry Guntur, 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa. Bandung.

Wia, Yuliana. 2014. Kemampuan Menulis Cerpen Berdasarkan Peristiwa yang Pernah Dialami Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Palopo. Skripsi. Palopo: FKIP UNCP

Widya, Wendi, dkk. 2006. Bahasa Indonesia. Klaten: Intan Pariwara




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/onoma.2017.918

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##