ANALISIS PESAN MORAL DALAM NOVEL HUJAN KARYA TERE LIYE

SITTI Alfiah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan moral unsur novel analisis pesan moral dalam novel hujan karya Tere Liye. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pustaka, penelitian ini di desain secara deskriptif yang berusaha menggambarkan secara jelas pesan moral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbagai kisah yang dapat kita ambil hikmahnya denga kata lain pesan moralnya. Kisah persahabatan, yaitu diceritakan melalui persahabatan Lail dan Maryam memberi pesan tentang suatu persahabatan. Persahabatan adalah untuk saling membantu dan menguatkan baik suka maupun duka. Seperti yang terdapat dalam novel “Ada banyak hal yang bisa saling dipahami oleh dua orang sahabat sejati tanpa harus berbicara apapun. Kisah cinta, digambarkan tentang mencintai dalam diam Lail dan Esok. Saling mencintai tapi tidak saling tahu karena usia yang masih terlalu muda. Saat prasangka mulai terjadi, menebak perasaan satu sama lain bahkan munculnya kecemburuan. Seperti yang tercantum dalam novel karena kenangan sama seperti hujan. Ketika ia datang kita tidak bisa menghentikannya. Bagaimana kita akan menghentikan tetes air yang turun dari langit, hanya bisa ditunggu, hingga selesai dengan sendirinya.

Kata Kunci


Unsur intrinsik, hujan Tere Liye

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Aminuddin. 1995. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Biru.

. 1987. Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Binar, Agni. 2009. Sastra Indonesia Lengkap. Jakarta: PT. Buku Kita.

Didis, Ariesandi. 2017. Analisis Unsur Penokohan dan Pesan Moral dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata Sebagai Upaya Pemilihan Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMA. Jurnal Universitas Majalengka Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia.

Irmaniati. 2015. Analisis Pesan Moral yang Terkandung dalam Puisi “Bersatulah Pelacur-Pelacur Kota Jakarta” Karya W.S Rendra. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo.

Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Wellek, Rene dan Austrin Warren. 1989. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia.

Wulandari, S. 2010. Ensiklopedia Nilai dan Norma. Semarang: CV. Ghyyas Putra.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/onoma.2016.898

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##