ANALISIS INTERAKSI KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES BAKENGKENG KECAMATAN KALUKKU KABUPATEN MAMUJU

Barnadi Zakaria

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Mendeskripsikan wujud interaksi kelas dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas V SD Inpres Bakengkeng Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju. (2) Mendeskripsikan problematik yang dialami dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas V SD Inpres Bakengkeng Kecamatan Kalukku Kabupaten Mauju, (3) Mendeskripsikan kompetensi guru dalam mengelola kelas dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah hasil pengamatan yang telah dilakukan penelitian berupa penggamatan langsung terhadap kinerja guru dalam mengelola kelas khusus pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Teknik pengumpulan data adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, teknik catatan, studi dokumentasi, ketiganya atau triagulasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan didasarkan pada indikator deskriptor dan aspek yang diteliti.
Akhirnya, disarankan (1) perlunya guru bahasa dan sastra indonesia tetap mempertahankan kompetensi mengelola interaksi kelas pembelajaran bahasa dan saatra pada ketiga aspek yang diteliti, bahkan lebih di tingkatkan lagi pada indikator yang dianggap belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik, (2) perlu kerja sama dinas pendidikan nasional kota dengan pihak sekolah untuk meningkatkan kualitas mengajar guru melalui wadah KKG, pendidikan dan penelitian pada tingkat daerah maupun tingkat nasional, (3) penelitian ini di harapkan menjadi bahan acuan bagi guru mata pelajaran yang akan mengadakan penelitian lanjutan yang lebih mendalam dan relevan, khususnya penelitian yang lebih luas tentang kompetensi guru mengelola interaksi kelas dalam pembelajaran bahasa dan sastra indonesia. (4) hasil penelitian ini dapat di dokumentasikan di dinas pendidikan nasional kabupaten, terutama di sekolah.

Kata Kunci


interaksi, siswa, pembelajaran

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Agustina, 2010. Pemanfaatan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Meninhkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa XI IPA MAN 2 Model Makassar. Karya Ilmiah

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ketiga. Jakarta: balai Pustaka.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Silabus. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kunandar. 2010. Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta:Rajawali Pers.

Majid, Abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2007. Sertifikasi Guru Profesionalisme Pendidik. Jakrta: Bumi Aksara

Rusyan, A. Tabarani. Dkk. 1989. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Rmaja Rosdakarya.

Said., D.M., M. Ide. 2004 Aspek Kebahasaan dan Pengajaran bahasa Indonesia. Bahan Ajar Unismuh Makassar

Syah , Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Slameto.2001. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakaarta:Rineka Cipta.

Suhendar, H. Dadang. Dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Santrok.2002. Pembelajaran Bahasa. Jakarta:Rineka Cipta

Suminto, A. Sayuti.2007.Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia dan KTSP Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik. Jakarta:Rajawali Pers

Standar Isi, BSNP.2004. Komponen Kemampua Berbahasa. Bandung:UNM

Sutikno, Fathurrohman. 2007. Pencipta Sistem Lingkungan. Makassar:UNM

Tolla Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar Bahasa dan Sastra Indonesia. Makassar: UNM.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/onoma.2015.890

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##