Peningkatkan Hasil Belajar Sains Konsep Listrik Dinamis melalui Penerapan Model Pembelajaran Generatif pada Siswa Kelas VI SD Negeri 53 Sawerigading Kota Palopo

Hasnah HP Hasnah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sains konsep perubahan lingkungan pada siswa kelas VI SD Negeri 53 Sawerigading Kota Palopo, yang diajar melalui penerapan model pembelajaran generatif. Penenlitian ini terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan II masing-masing terdiri tiga kali pertemuan. Subjek penenlitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 53 Sawerigading Kota Palopo. Hasil penelitian menunjuakan bahwa ada peningkatan pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil tes siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari setiap siklus. Dimana pada siklus pertama 64,85 dan siswa yang tuntas belajar 22 orang (62,86%). Pada siklus kedua 81,14 dan siswa yang tuntas 30 orang (85,71). Disamping itu, data hasil observasi disetiap siklus menujukkan adanya perubahan sikap siswa kearah yang lebih positif, keaktifan dalam belajar, kerjasama dan keaktifan dalam menerima pelajaran. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelejaran generatif dapat meningkatkan hasil belajar sains pada siswa kelas VI SD Negeri 53 Sawerigading Kota Palopo. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru SD untuk dapat menjadikan model pembelajaran generatif sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran dalam mengajarkan sains khususnya listrik dinamis di sekolah.

Keywords


hasil belajar sains; konsep listrik dinamis; model pembelajaran generatif

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S., Shuardjono, & Supriadi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Angora, T. (2007). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Asep, J. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Khaeruddin, E. (2006). Metodologi Penelitian. Makassar: Berkah Utami Makassar.

Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya Bandung.

Mustaqim. (2008). Psikologi Pendidikan. Semarang: Pustaka Pelajar Offset Semarang.

Yatim, R. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran; Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada media Group.

Sudjana, N. (2005). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovetif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 16 times
PDF (Indonesian) - 8 times

Copyright (c) 2019 Hasnah HP Hasnah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.