Pengaruh Lingkungan dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar

Sufi Alawiyah, Syukri Ghozali, Suwarsito Suwarsito

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh lingkungan terhadap prestasi belajar bahasa Inggris dan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Inggris. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh lingkungan dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Inggris. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Ganesha pada bulan Januari-April 2019. Hasil penelitian menunjukkan: 1.) Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa di SMK Ganesha, dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05. 2.) Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan terhadap prestasi belajar bahasa Inggris, dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05. 3.) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Inggris, dibuktikan dengan nilai Sig = 0,004 < 0,05. Lingkungan dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar.

Keywords


lingkungan; motivasi belajar; prestasi belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, S. (1990). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Gagne, R. (1985). The Condition of Learning Theory of Instruction. New York: Rinehart.

Hasbullah. (2009). Dasar – Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Uno, B. H. (2012). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 16 times
PDF (Indonesian) - 10 times

Copyright (c) 2019 Sufi Alawiyah, Syukri Ghozali, Suwarsito

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.