Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Palopo Menjelaskan Alur Peristiwa Sinopsis Novel Melalui Kegiatan Mendengarkan Dengan Menggunakan Teknik Jigsaw

Miske Miske

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menjelaskan alur peristiwa dalam sinopsis novel melalui kegiatan mendengarkan dengan menggunakan metode jigsaw, selain itu untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia, terutama pembelajaran sastra khususnya unsur intrinsik sinopsis novel. Penelitian ini dilaksanakan terhadap siswa kelas IX SMP Negeri 3 Palopo sebanyak 48 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2016 dan pada tanggal 18 Juli 2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami alur sinopsis novel meningkat setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode jigsaw dari siklus I hingga siklus II. Guru memotivasi siswa, mengadakan tanya jawab tentang unsur intrinsik, membaca pemamahan, menentukan alur sinopsis novel secara individual, diskusi kelompok, menyimpulkan kegiatan, melaporkan kegiatan, menanggapi dan menulis kembali hasil belajar. Untuk itu, peneliti menyarankan kepada guru agar mau menggunakan pendekatan ini sebagai alternatif pembelajaran memahami unsur intrinsik terutama alur sinopsis novel di SMP. Penggunaan pendekatan ini meliputi motivasi siswa, tanya jawab, membaca pemahaman, menentukan alur sinopsis novel secara individu di kelompoknya, melaporkan hasil diskusi kelompok, menanggapi hasil laporan dan menyimpulkan kegiatan.

Keywords


jigsaw; sinopsis novel; menyimak

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2002a). Pendekatan Kontekstual. Depdiknas: Direktorat PLP.

Departemen Pendidikan Nasional. (2002b). Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Puskur.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Pembelajaran dan pengajaran Kontekstual. Depdiknas: Direktorat PLP.

Tarigan, H. G. (1998). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wardani. (2002). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 12 times
PDF (Indonesian) - 7 times

Copyright (c) 2019 Miske Miske

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.