Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menerapkan Model Pengajaran Kolaborasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Palopo

Ramalia Sapa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo dalam mempelajari Bahasa Indonesia khususnya pada pokok bahasan menceritakan peristiwa yang dilihat atau dialami. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Data observasi siswa dan guru dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan lembar observasi keaktifan siswa dan guru. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kolaborasi dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo Kota Palopo. Perencanaan tindakan melalui penerapan model kolaborasi yang dilakukan guru dan peneliti secara kolaborasi sudah maksimal. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, guru menerapkan model pengajaran kolaborasi dengan tepat sehingga hasil belajar bahasa indonesia siswa dapat meningkat. Peningkatan keterampilan siswa tersebut dapat terlihat baik dalam proses belajar mengajar, hasil tes siswa yang telah dievaluasi guru dan peneliti menunjukkan kemajuan yang menggembirakan bagi proses pengajaran dengan menerapkan pengajaran kolaborasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo Kota Palopo. Penulis menyampaikan saran sebagai berikut: (1) Siswa antusias mengikuti pelajaran serta Siswa memperhatikan guru saat menjelaskan dari awal samapai akhir pembelajaran; (2) Guru harus mampu menentukan atau memilih topik yang benar-benar bisa diterapkan dalam proses belajar mengajar sehingga diperoleh hasil yang optimal; (3) Pihak sekolah sebaiknya menyediakan fasilitas guru harus mampu menentukan atau memilih topik yang benar-benar bisa diterapkan dalam proses belajar mengajar sehingga diperoleh hasil yang optimal.pembelajaran yang memadai; dan (4) Peneliti lanjut dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai acuan penelitian yang relevan berikutnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model kolaborasidapat berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar dan motivasi belajar Siswa, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran.

Keywords


hasil belajar; kolaborasi; pembelajaran bahasa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdullah. (1997). Belajar dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Abdurahhmad, M. (1996). Pendidikan Bagi Anak Berkualitas Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali, M. (2000). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Djamarah. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimayanti. (2000). Hakikat Pendekatan, Prosedur, dan Startegi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Komunikatif dalam Sistem Pembelajaran Bahasa Indonesia (Modul UT), Jakarta: Pusat Penerbitan UT.

Haling, A. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: FIP UNM Makassar

Jamara. (1994) Metode Mengajar Efektif. Jakarta: Gramedia.

Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner: Victoria Deakin University Press.

Hamalik, O. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Angkasa

Rosestya, F. (1986). Analisis Belajar Bahasa. Jakarta. Erlangga




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 13 times
PDF (Indonesian) - 9 times

Copyright (c) 2019 Ramalia Sapa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.