Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran PKn Tentang Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama pada Kelas VII SMP Negeri 3 Palopo

Hamriati Sahruddin

Abstract


Upaya peningkatan Pembelajaran PKn pada konsep menghargai dan menaati keputusan bersama bertolak dari kenyataan di lapangan dan hasil wawancara dengan guru PKn sekaligus guru kelas VII SMP Negeri 3 Palopo Kota Palopo. Penguasaan materi oleh siswa masih sangat kurang, dibuktikan nilai awal yang didapat murid sebelum penelitian adalah 20 % murid memperoleh ketuntasan belajar. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini difokuskan pada mata PKn pada konsep menghargai dan menaati keputusan bersama dalam dua sub pokok bahasan tata tertib sekolah dan tata tertib kelas dengan menggunakan metode diskusi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil pembelajaran PKn pada konsep menghargai dan menaati keputusan bersama dalam konsep tata tertib sekolah dan tata tertib kelas dengan menggunakan metod diskusi. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan. Rancangan penelitian ini di susun dengan satuan siklus secara berdaur ulang berulang meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode diskusi yang terdiri dari enam tahap yaitu (1) tahap pembangkitan semangat belajar , (2),tahap pambagian kelompok (3) tahap ekplorasi dengan bertukar pikiran antar sesama murid dan guru, (4).tahap mengaitkan pembelajaran dengan realitas kenyataan lingkungan murid (5) tahap kesimpulan (6) tahap penilaian. Akan dapat meningkatkan kemampuan pada bidang studi PKn, konsep menghargai dan menaati keputusan bersama dalam dua sub pokok bahasan tata tertib sekolah dan tata tertib kelas Murid kelas VII SMP Negeri 3 Palopo.

Keywords


diskusi; keputusan bersama; pembelajaran PKn

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Astuti, W. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Permata Insan Madani.

Muslich, M. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rumiati, (2007). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana

Syah, M. (2006). Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grahindo Persada.

Samira, (2008). Peranan Pembelajaran PKn Dalam Meningkatkan Moral Murid di SMP, Makassar: Universitas Negeri Makassar

Zarkasi, F. (2009). Belajar Cepat dengan Diskusi. Surabaya: Indah Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 26 times
PDF (Indonesian) - 12 times

Copyright (c) 2019 Hamriati Sahruddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.