Deskripsi Hasil Belajar Mata Kuliah Pengetahuan Komputer Mahasiswa Agribisnis Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018

Abdul Zahir, Jusrianto Jusrianto

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto, yang dilakukan untuk meneliti variabel atau peristiwa yang telah terjadi dan kemudian merunut ke belakang melalui data tersebut untuk menemukan faktor-faktor penyebab terjadinya peristiwa yang diteliti. Teknik sampling yang digunakan adalah population sampling, yakni populasi sekaligus sebagai sampel. Jumlah sampelnya adalah 153 orang mahasiswa pada Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Cokroaminoto Palopo yang memprogramkan dan mengikuti mata kuliah pengetahuan komputer. Seratus empat puluh satu mahasiswa lulus dalam mata kuliah ini. Kelas 2A lebih banyak mahasiswa yang mendapatkan nilai A dibanding mahasiswa di kelas lainnya. Pada tujuh kategori penilaian, mahasiswa kelas 2A mendapatkan ketujuh nilai tersebut. Kelas 2B lebih banyak mahasiswanya yang mendapatkan nilai B dibanding nilai dan kelas lain. Tidak ada mahasiswa yang mendapatkan nilai C dan D di kelas 2B. Kelas 2C tidak memperlihatkan unjuk kerja dominan dalam penilaian. Semua kategori nilai didapatkan dan pada nilai A, mahasiswa kelas 2C memperlihatkan unjuk kerja yang negatif, yakni paling sedikit mahasiswa yang memperolehnya. Kelas 2D merupakan kelas dengan mahasiswa yang terbanyak mendapatkan nilai E dan tidak ada satupun mahasiswanya mendapatkan nilai D.

Keywords


Hasil Belajar; ex-post facto; Nilai

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Sudjana, N. (2003). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 10 times
PDF (Indonesian) - 9 times

Copyright (c) 2019 Abdul Zahir, Jusrianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.