Peningkatan Minat Belajar Siswa Menggunakan Metode Simon Berkata Pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Sandung

Dwi Asih, Dwi Cahyadi Wibowo, Agusta Kurniati

Abstract


Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan Minat Belajar Siswa Menggunakan Metode Simon Berkata Pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV SD Negeri 11 Sandung Kecamatan Binjai Hulu Kabupaten Sintang Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dan bentuk penelitiannya menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV yang berjumlah 11 siswa dan guru. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi, pengukuran, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan metode Simon Berkata di Kelas IV SD Negeri 11 Sandung dapat meningkatkan minat belajar siswa, di mana siswa terlihat memiliki antusias yang baik dalam pembelajaran. Sedangkan dari faktor guru meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru; aktivitas siswa mengalami peningkatan keantusiasan dalam belajar dan minat belajar yang sangat baik, penggunaan metode Simon Berkata pada siswa kelas IV SD Negeri 11 Sandung dikategorikan sangat baik yaitu siklus I, Ketuntasan 18.18% dan pada siklus II, klasikal 100% sehingga terjadi peningkatan sebesar 81.82%, hal ini menunjukkan bahwa metode Simon Berkata mampu menjadi sebuah sarana yang menghantar pada pengembangan minat belajar siswa.

Keywords


Minat Belajar Siswa; Metode Simon Berkata

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmadi, F. (2013). Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar dengan Metode Glenn Doman Berbasis Multimedia. Jurnal Penelitian Pendidikan, 27(1).

Akbar, S., et al. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ariani, F., et al. (2009). Pembelajaran Mendengarkan. Jakarta: Jagakarsa.

Arikunto, S., et al. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Yogyakarta: Gava Media.

Ginting, N. (2012). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Pada Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Gaya Magnet di Kelas V SD Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Medan: Universitas Medan.

Hajar, I. (2013). Panduan Lengkap Kurikulum Tematik. Jogjakarta: Diva Press

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Inawati, M. (2011). Meningkatkan Minat Mengenal Konsep Bilangan Melalui Metode Bermain Alat Manipulatif. Jurnal Pendidikan Penabur,16.

Amandara, P.I. (2016). The Use of ‘Simon Says’ Game: A Teaching Method of Total Physical Response (Tpr) in Teaching English Vocabulary to Young Learners. Skripsi. Bandung: Universitas Kristen Maranatha.

Moleong, L.J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Grafindo.

Majid, A. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Rosdakarya.

Polem, A.M. (2017). The Implementation Of Simon Say Game To Improve Students’ Vocabulary Mastery In Learning English. Skripsi. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Pratiwi, H. (2013). Peningkatan Minat Belajar Melalui Strategi Instant Assessment Dengan Media Choose Number Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV B SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Suryabrata, S. (2016). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers

Hermanto, D.T. (2013). Peningkatan Minat Belajar Melalui Strategi Information Search Dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Monggot 2 Geyer Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wartini, S. (2012). Peningkatan Minat Belajar Seni Tari Melalui Hypnoteaching di SD Negeri 1 Prambanan Klaten Tahun pelajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Winiarti. (2015). Penggunaan Permainan Simon Says/Simon Berkata Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Tunanetra. Skripsi. Bandung: Universitas Negeri Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/jsgp.2.1.2019.1345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 19 times
PDF (Indonesian) - 14 times

Copyright (c) 2019 Dwi Asih, Dwi Cahyadi Wibowo, Agusta Kurniati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.