EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM E-LEARNING FAKULTAS TEKNIK KOMPUTER UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO

Nirsal Nirsal, Fajar Novriansyah Yasir, Vicky Bin Djusmin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis e-learning yang digunakan di Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo (FTKOM UNCP) guna mengidentifikasi komponen, fitur dan menu yang terdapat di dalam e-learning tersebut. E-learning yang digunakan di Fakultas Teknik Komputer UNCP berbasis LMS (Learning Manajemen Sistem) Moodle (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment). Penelitian ini didasari pada masalah bahwa terdapat beberapa fungsional requirement yang tidak ada pada e-learning yang digunakan pada Fakultas Teknik Komputer UNCP. Berdasarkan masalah tersebut, perlu dilakukan analisis dan evaluasi terhadap e-learning FTKOM UNCP sehingga dapat dilakukan pengembangan e-learning sesuai dengan analisis requirement dan pengembangan berdasarkan tuntutan kebutuhan. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian dan pembahasan maka bahwa e-learning yang digunakan di FTKOM UNCP secara umum memenenuhi kebutuhan dosen dan mahasiswa. Akan tetapi masih terdapat fitur dari moodle yang belum dimanfaatkan secara maksimal.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hussein, Zuhal. 2017. Leading to Intention: The Role of Attitude in Relation to Technology Acceptance Model in E-Learning. Procedia Computer Science 105 (December 2016): 159–64.

Wildavsky, Ben. (2001). Want More From High School?. Special Report: E-Learning.

Dahiya, S. (2012). An eLearning System for Agricultural Education. Indian Reseacrh Journal of Extenation Education. www.researchgate.net. Accessed date 11 Juli 2018

Effendi, Empy, Zhuang, Hartono. (2005). E-Learning konsep dan aplikasi. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.