PENERAPAN ALGORITMA CART KLASIFIKASI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT KELURAHAN AMESSANGENG

Irmayani Irmayani

Sari


Data mining meliputi beberapa metode untuk membantu pengambilan keputusan salah satunya adalah metode klasifikasi. Metode klasifikasi meliputi beberapa cara salah satunya adalah Algoritma Clasificassion And Regression Trees. Model klasifikasi pada CART menggunakan cara decision tree pada pembentukan keputusan. Algortima CART ini merupakan algoritma yang sederhana namun memperoleh data yang akurat ssehingga dapat digunakan untuk membantu lembaga-lembaga pemerintahan yang membutuhkan. Data yang digunakan adalah data social ekonomi masyarakat kelurahan Amessangeng. Hasil dari penelitian ini membentuk decision tree yang dapat membantu pengambilan keputusan terhadap kebijakan social ekonomi di Kelurahan Amessangeng.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Lewis, M.D .,Roger, J. (2000). An Introducion toClassification and Regression Trees (CART) Analysis. Annual Meeting of Society For Academic Emergency. California, UCLA Medical Center

Prasetyo, E. 2012. Data Mining Konsep dan Aplikasi menggunakan Matlab. Andi. Yogyakarta

Ritno, E.S.Y. 2019. Implementasi Algoritma CART pada keluarga pada Desadagang Kelambir Tg Morawa. Jurnal Riset Komputer . Vol.6 No.3 Juni 2019. ISSN 2407389.

Susanto, S., Suryadi, D.2013.Pengantar Data Mining.Andi. Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.