Rancang Bangun Aplikasi E-Voting Pemilihan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Informatika (HMTI) Universitas Cokroaminoto Palopo Berbasis Website

Nurul Samania, Nirsal Nirsal, Riska Yanu Fa'rifah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi e-voting yang digunakan untuk pemilihan Ketua Umum HMTI berbasis website sehingga mampu menggantikan sistem voting pemilihan konvensional. Pada penelitian ini ada tiga metode yang dijadikan sebagai cara yang dilakukan oleh penulis untuk menganalisa kebutuhan dan melakukan perencanaan serta mengumpulkan data, yaitu metode wawancara, metode observasi, dan metode pustaka sehingga input maupun output dari aplikasi e-voting yang dibangun dapat seperti dengan yang diharapkan. Adapun software yang digunakan adalah PHP sebagai bahasa pemrograman, MySQL untuk pengolahan basis data dan Xampp sebagai servernya. Teknik pengujian yang digunakan dalam sistem ini yaitu teknik pengujian Black Box Testing, berdasarkan pengujian yang telah dilakukan bahwa Rancang Bangun Aplikasi E-Voting Pemilihan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Informatika (HMTI) Universitas Cokroaminoto Palopo Berbasis Website layak dan sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan. Hasil rancang bangun website ini dapat digunakan untuk pemilihan Ketua Umum HMTI dan telah disesuaikan terlebih dahulu sehingga dapat memudahkan pihak dalam mengoperasikan sistem tersebut.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


R. A. Adhi and Harjono, “Rancang Bangun Sistem Informasi E-Voting Berbasis SMS,” JUITA J. Inform., vol. 3 (2), 2014.

D. Lavarino, “Rancang Bangun E–Voting Berbasis Website Di Universitas Negeri Surabaya,” J. Manaj. Inform., vol. 6 (1), 2016.

A. S. Dhiana, “Rancang Bangun Sistem Pakar untuk Mendeteksi Gizi Buruk pada Balita,” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2010.

R. S. Pressman, Software Engineering A Practitioner’s Approach. 7th Edition. United States: Mc-Graw Hill, 2010.

T. H. Septian, “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Jamaah Haji Berbasis Mobile Android,” UIN Alauddin Makassar, 2016.

M. Yusriannur, “Aplikasi E-Voting Berbasis Web Untuk Menunjang Pemilihan Presiden Mahasiswa Pada Universitas Dian Nuswantoro Semarang,” J. Sist. Inf. Univ. Dian Nuswantoro Semarang, 2012.

D. E. Hendrianto, “Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan,” IJNS-Indonesian J. Netw. Secur., vol. 4 (3), 2013.

T. Mengkasrinal, E. Maiyana, and Silvia, “Perancangan Sistem Informasi Posyandu Lasi Kec Canduang Kab Agam Sumbar Berbasis Web Android,” Pros. SISFOTEK, vol. 2 (1), 2018.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.