Perancangan Smart Alarm Rumah Menggunakan Sensor Ultrasonik untuk Home Security Sistem dengan Pelaporan Otomatis berbasis SMS Gateway

Irwanto Irwanto, Vaka Gustiono

Sari


Rumah merupakan tempat tinggal bagi manusia yang dapat menyimpan barang atau aset yang berharga didalamnya, oleh sebab itu keamanan rumah sangat penting untuk membuat penghuni rumah merasa aman dan tidak merasa risau apabila meninggalkan rumah tetapi konidis yang terjadi saat ini tingkat kriminal dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, tindak kriminal disebabkan berbagai persoalan seperti ekonomi sosial dan konflik ini terbukti dengan data pada tahun 2015 Indonesia peringkat 68 dari 147 negara sebanyak 6.267 kasus kerja terjadi di Indonesia meningkat hingga 52,63%. Meningkatnya pencurian dalam rumah menimbulkan keresahan bagi warga atau masyarakat. Adapun permasalahan dalam jurnal ini adalah (1) Bagaimana cara mengaplikasikan sensor ultrasonik pada rumah sebagai pengontrol? (2) Desain alat yang akan dirancang? dan (3) Bagaimana kegunaan pengaman rumah dengan sensor ultrasonik mengggunakan mikrokontroller Atmega 8 berbasis SMS? Hasil percobaan yang didapat adalah sebagai berikut: (1) Sensor Ultrasonik adalah sensor digunakan untuk mendeteksi manusia yang akan melewati sensor kemudian diolah oleh mikrokontroller dengan memancarkan gelombang frekuensi yang dipancarkan 58 milisecond. (2) Jarak kontrol antara sensor dengan seseorang dengan perangkat sistem maksimum 3 meter dan (3) Kecepatan pengiriman SMS dari Modem Wavecom ke handphone 0,1 s.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Noname. 2013. 9 Proyek Mikrokontroler dengan Sensor Ultrasonik. Inkubatek: Yogyakarta.

Upik, Furrita. P. S. 2016. Perancangan Sistem Kontrol Keamanan Ruang Berbasis SMS Menggunakan Modul GSM dan Mikrokontroller ATMega 8535. Teknik Fisika FTI-ITS: Surabaya.

Kustanto. 2017. Rancang Bangun Sistem Keamanan Rumah Tangga Berbasis Mikrokontroller dan SMS Gateway. Jurnal Tikomsin: ISSN: 2338-4018

Dewa, E. P. 2017.Integrasi Sensor Gerak dan Ponsel Pada Arduino Sebagai Sistem Kontrol Keamanan Rumah. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika). Vol 01, Nomor 02.

Irwanto. 2019. Perancangan Simulasi Alat Sensor Parkir Mobil Area Berbasis Mikrokontroler AT328. Makalah Mata kuliah Mikrokontoler, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektro, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Kasyidi, M. H. 2018. Rancang Bangun Sistem Informasi Keamanan Rumah Tangga Berbasis Mikrokontroller dan SMS Gateway. Electronics Engineering Polytechnic Institute of Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh November: Surabaya

Purnomo, S & Pramana, R. 2017. Perancangan Sistem Keamanan Rumah Berbasis SMSGateway Menggunakan Mikrokontroller Arduino ATMEGA 2560. Universitas Riau.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.