Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Universitas Cokroaminoto Palopo Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android

Ray Setiawan, Rusmala Rusmala, Aryadi Nurfalaq

Sari


Penelitian ini bertujuan merancang dan membangun aplikasi yang dapat membantu dalam proses pengenalan Universitas Cokroaminoto Palopo. Pada Universitas Cokroaminoto Palopo informasi mengenai tata letak ruangan gedung Kampus masih menggunakan banner sebagai denah kampus. Apabila calon mahasiswa ingin mengetahui informasi mengenai tata letak ruangan dan gedung kampus harus melihat denah tersebut. Untuk itu, perlu dibuatkan sebuah aplikasi yang dapat menampilkan data dan informasi terkait ruangan dan gedung kampus Universitas Cokroaminoto Palopo dalam bentuk 3D. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi pustaka. Metode Penelitian menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) yaitu metode penelitian yang bertujuan menghasilkan produk tertentu serta menguji efektivitas produk. Penelitian ini menghasilkan aplikasi AR berbasis Android yang dapat menampilkan gambar 3D dari bangunan kampus yang dapat membantu dalam proses pengenalan sebuah Universitas. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan aplikasi Corel Draw X7 dalam perancangan desain interface aplikasi dan aplikasi AR dibuat menggunakan Unity dengan Bahasa pemrograman C# script serta SketchUp 2018 sebagai pemodelan objek 3D. Teknik pengujian yang dilakukan pada aplikasi ini adalah teknik pengujian blackbox. Aplikasi AR yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pengguna yang dapat membantu pengguna untuk mendapatkan informasi tentang Universitas Cokroaminoto Palopo.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Y. A. Saputra, “Implementasi Augmented Reality (AR) pada Fosil Purbakala di Museum Geologi Bandung,” J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 1 (1), pp. 1–10, 2014.

I. G. A. Nugraha, I. K. G. D. Putra, and I. M. Sukarsa, “Rancang Bangun Aplikasi Android AR Museum Bali: Gedung Karangasem dan Gedung Tabanan,” Lontar Komput. J. Ilm. Teknol. Informasi., vol. Vol 7 (2), pp. 93–103, 2016.

S. Munir, W. Adidaya, E. Riansyah, and H. Sasmita, “Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Framework MVC Pada Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri,” J. Inform. Terpadu, vol. 2 (1), pp. 1–8, 2016.

I. F. Faiztyan, R. R. Isnanto, and D. E. Widianto, “Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Visualisasi 3D Interaktif Masjid Agung Jawa Tengah Menggunakan Unity3D,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 3 (2), pp. 207–212, 2015.

R. Manullang, Mudah Membuat Desain 3D dengan Google Sketchup. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2017.

R. Indriani, B. Sugiarto, and A. Purwanto, “Pembuatan Hewan untuk Anak Usia Dini Berbasis Android Menggunakan Metode Image Tracking Vuforia,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 4 (7), pp. 73–78, 2016.

A. Z. Prabowo, K. I. Satoto, and K. T. Martono, “Perancangan dan Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Penjualan Perumahan,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 3 (1), pp. 161–172, 2015.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.