Peningkatan Kompetensi Siswa Kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik Pada Mata Pelajaran Perbaikan Peralatan Listrik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di SMK Negeri 2 Palopo

Hasan Amin

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Palopo kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik Tahun Pelajaran 2018/2019, yang bertujuan: Meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perbaikan Peralatan Listrik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan/evaluasi dan refleksi. Pada penelitian ini penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, diimplementasikan sesuai fase-fase pembelajaran kooperatif, sebagai berikut: 1). Pendahuluan: Menjelaskan tujuan pembelajaran, model pembelajaran yang akan digunakan, mengaitkan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa dengan materi pelajaran yang akan dipelajari, 2). Penyajian informasi materi pelajaran secara garis besar, 3). Mengatur siswa dalam kelompok Jigsaw dan kelompok ahli, 4). Membantu siswa dalam bekerja kelompok, 5). Memberi tes/kuis secara individu pada tiap akhir siklus, serta melakukan penilaian kelompok berdasarkan rata-rata nilai anggotanya dan member skor pengembangan kelompok berdasarkan skor rata-rata nilai anggaotanya, 6). Memberikan hadiah berupa pujian kepada kelompok yang memperoleh skor yang tertinggi. Hasil penelitian menunjukkan, implementasi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, dengan langkah-langkah tersebut diatas, mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perbaikan Peralatan Listrik. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai skor rata-rata siswa seluruh kelompok pada siklus I (70,67) menjadi skor rata-rata siswa seluruh kelompok (77,20) pada siklus II.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Harling, “Belajar dan Pembelajaran,” Universitas Negeri Makasar, 2007.

M. Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1995.

R. E. Slavin, Education Psychology, Theory and Practice, Fourth. Massachusetts: Allyn and Bacon Publisher, 1994.

A. S. Sadiman, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan CV. Rajawali, 1998.

I. N. S. Dengeng and Y. Miarso, Desain Pembelajaran: Teori ke Terapan. Malang: FPS IKIP Ujung Pandang, 1993.

U. S. Winataputra, “Model-model Pembelajaran Inovatif,” PAU-PPAI Universitas Terbuka, 2001.

A. Krismanto, Belajar secara kooperatif sabagai salah pembelajaran aktif. Yogyakarta: PPG Matematika, 2000.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.