ANALISIS DAN EVALUASI PEMANFAATAN SISTEM E-LEARNING PADA FAKULTAS TEKNIK KOMPUTER UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO

Nirsal Nirsal, Suhardi Suhardi, Fajar Novriansyah Yasir

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis e-learning yang digunakan di Fakultas Teknik Komputer (FTKOM) Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) guna mengidentifikasi komponen, fitur dan menu yang terdapat di dalam e-learning tersebut yang belum sesuai dengan kebutuhan pengguna. E-learning yang digunakan di Fakultas Teknik Komputer UNCP berbasis Learning Management System (LMS) moodle yang secara umum e-learning hanya dapat digunakan oleh mahasiswa untuk melihat daftar mata kuliah persemester dan perkonsentrasi, mengunduh dan mengunggah tugas dan materi dari dosen serta ujian yang dapat dilakukan secara daring. Penelitian ini didasari pada masalah bahwa terdapat beberapa fungsional requirement FTKOM sehingga dapat dilakukan pengembangan e-learning sesuai dengan analisis requirement dan pengembangan berdasarkan tuntutan kebutuhan yang timbul seiring dengan perkembangan teknologi dan metode pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian ini menganalisis secara deskriptif fitur-fitur yang terdapat pada e-learning, mengeksplorasi fitur dan menu yang terdapat pada e-learning melalui akun login dari masing-masing pengguna yakni pengguna mahasiswa, dosen dan administrator. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa e-learning yang digunakan di FTKOM secara umum sudah memenuhi kebutuhan dosen dan mahasiswa dan ujian. Akan tetapi masih terdapat fitur dari moodle yang belum dimanfaatkan secara maksimal dan fitur tersebut sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Analisis, Evaluasi, E-learning, FTKOM UNCP

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chen-Sun. 2008.What Drives a Successful E-Learning an Empirical Investigations of The Critical Factors Influencing Learner Satisfaction. www.researchgate.net/publication.

Dahiya,S. 2012).An E-Learning System for Agricultural Education. Indian Reseacrh Journal of Extenation Education. www.researchgate.net. Accessed date 11 Juli 2018

Dongsong, Zhang. 2004. Can E-Learning Replace Classroom Learning. Communication of The ACM. 47(5):75-79

Dwi, Herman, Surjono. 2013. Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle. UNY Press. Yogyakarta

Goyal S, (2012). E-learning: Future of Education,Journal of Education and Learning.Vol.6 (2) pp. 239-242.

Mulyanto, Agus. 2011. Sistem Informasi Konsep & Aplikasi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Alfabeta. Bandung

Sridadi. (2007). Diktat Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Penjas. Yogyakarta:FIK UNY

Stufflebeam. (1973). Toward a Science of Educational Evaluation. Evaluation Educational. Education Technology Publications. Englewood Cliff. NJ.

Supriyanto. A. 2010. Pengantar Teknologi Informasi. Salemba Infotek. Jakarta

Som Naidu. 2006. E.Learning: Aguidebook of Principles, Procedures and Practices. Commonwealth Educational Media Centre for Asia (CEMCA) Pei.

Yakub. 2012. Pengantar Sistem Informasi. Graha Ilmu. Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.