PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA BOTANI TUMBUHAN RENDAH

Sukmawati Syam, Ahmad syakur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik mind mapping terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini diterapkan dalam perkuliahan Botani Tumbuhan Rendah (BTR), untuk mahasiswa semester III pada Program Studi Pendidikan Biologi sebanyak 37 mahasiswa. penelitian ini adalah pre-experimental design dengan desain one group pretest-posttest. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar untuk mengukur hasil belajar mahasiswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t berpasangan (paired sample). Hasil analisis menunjukkan t-hitung 46,682>t-tabel 1,68, H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh penggunaan teknik mind mapping terhadap hasil belajar mahasiswa. Jelas bahwa teknik mind mapping efektif diterapkan pada perkuliahan BTR.

Full Text:

download

Refbacks

  • There are currently no refbacks.