PERBANDINGAN KEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL MEANS ENDS ANALYSIS DITINJAU DARI KECAKAPAN PEMBUKTIAN MATEMATIS MAHASISWA PADA MATAKULIAH ANALISIS REAL

Nur Wahidin Ashari

Abstract


Kecakapan pembuktian matematis dapat dikembangkan pada matakuliah analisis real. Pembuktian teorema-teorema dalam mata kuliah analisis real akan membiasakan mereka melakukan kegiatan berpikir sehingga mereka memiliki kecakapan pembuktian. Namun demikian untuk mencapai tahap kecakapan pembuktian dibutuhkan suatu model yang tepat untuk mengajarkannya. Model yang dianggap tepat adalah Problem Based Learning dan Means Ends Analysis. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan peningkatan kecakapan pembuktian matematis antara mahasiswa yang memperoleh perlakuan berupa Problem Based Learning dan Model Means Ends Analysis. Jenis Penlitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang melibatkan dua kelas eksperimen. Hasil yang diperoleh adalah terdapat perbedaan peningkatan kecakapan pembuktian matematis bagi mahasiswa yang memperoleh perlakuan berupa model PBL dan siswa yang memperoleh perlakuan
berupa model MEA.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Means End Analysis, Kecakapan Pembuktian Matematis

Full Text:

Untitled

References


Bell, A.: 1976, ‘A study of pupils’ proof-explanations in mathematical situations’, Educaation Studies in Mathematics 7, 23–40.

Cazzola, M. 2008. Problem-Based Learning and Mathematics: Possible Synergical Actions. ICERI2008 Proceeding, IATED (International Association of Technology, Education and Development), Spain

Hanna, G. 2000. Proof, Explanation, and Exploration: An Overview. Educational Studies in Mathematics. 44 (2). 5-23.

Hersh, R.: 1993, ‘Proving is convincing and explaining’, Educational Studies in Mathematics 24(4), 389–399.

Rahmadiyah. 2015. Pengaruh Penerapan Strategi Means-Ends Analysis (Mea) Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Skripsi Tidak diterbitkan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Slavin, R.E, 2011. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik, Jakarta: PT Indeks

Suherman, E. 2008. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. Tersedia:http://educare.e fkipunla.net/index2.php.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i2.712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Nur Wahidin Ashari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.