PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE DENGAN METODE BAMBOO DANCING

Akramunnisa Akramunnisa

Abstract


Penelitian ini membahas tentang penerapan metode inside outside circle dengan metode bamboo dancing pada siswa kelas XI MAN I Makassar. Penelitian ini adalah eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MAN I Makassar yang berjumlah 275 siswa yang terbagi atas 10 kelas. Sampel diambil
dengan metode simple random sampling, yang terpilih menjadi kelas eksperimen 1 adalah kelas XI IPA 1 sebanyak 24 siswa dan yang terpilih menjadi kelas eksperimen 2 adalah kelas XI IPA 2 sebanyak 26 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control grup design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk essay untuk pretest dan
posttest yang sebelumnya telah diuji validitasnya dengan Content Validity serta lembar observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa selama proses kegiatan penelitian berlangsung. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis infrensial. Setelah perlakuan pada kedua kelompok diperoleh hasil analisis statistik deskriptif rata-rata hasil belajar matematika
kelompok ekperimen 1 = 66,71 sedangkan rata-rata hasil belajar matematika kelompok eksperimen 2 = 62,38. Hasil analisis infrensial data menunjukkan bahwa nilai sign yang diperoleh = 0,43 dalam artian bahawa sign > ๐›ผ ๐‘Ž๐‘ก๐‘Ž๐‘ข (0,43 > 0,05) hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan terhadap hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan menerapkan metode inside outside circle dengan siswa yang diajar dengan metode bamboo dancing.
Kata Kunci : Perbandingan, Hasil Belajar Matematika, Inside Outside Circle, Bamboo Dancing

Full Text:

Untitled

References


Abidin, Muhammad Zainal. 2007. โ€œEfektivitas Penggunaan Maple terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear siswa kelas X Madrasah Aliyah Al-Falah Lemahabang Kec. Bone-Bone Kab. Luwu Utaraโ€. Skripsi Sarjana, Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Alauddin, Makassar.

Anas, Sudijono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Bahri Djamarah, Syaiful dan Zain, Aswan. 2002.Strategi Belajar Mengajar .Jakarta: Rineka Cipta.

Dian Nora Purwanti. 2010. Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Tari Bambu. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Muhammadiyah Surakarta.

Erman, Suherman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Universitas Indonesia, 2003.

Hamzah B Uno. 2010. Perencanaan Pembelajaran .Jakarta : Bumi Aksara.

Hamzah B Uno. 2010. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran .Jakarta : Bumi Aksara.

Hudojo, Herman. 1988. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Nasution. 2013. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar, Jakarta: Bina Aksara.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Syahrul. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melaui Metode

Pembelajaran Inside Outside Circle (Ioc) Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Bantaeng. Skripsi Sarjana, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin, Makassar.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumadi, Suryabrata. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i2.710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Akramunnisa Akramunnisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.