ANALISIS HASIL BELAJAR INTEGRAL DENGAN MENGGUNAKAN SOAL PILIHAN GANDA DAN SOAL ESSAY (STUDI PERBANDINGAN PADA MAHASISWA SEMESTER II PRODI TADRIS MATEMATIKA IAIN PALOPO)

Sumardin Raupu

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara hasil belajar integral yang dievaluasi menggunakan soal pilihan ganda dan yang menggunakan soal essay. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 75 mahasiswa dari 107 mahasiswa Prodi Tadris Matematika Semester II tahun akademik 2016/2017 yang diambil secara random dari tiga kelas. Setiap sampel diberikan test I (pilihan ganda). Waktu pengerjaan 45 menit, setelah itu dikumpulkan dan dilanjutkan test II (essay) dengan waktu yang sama. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar integral mahasiswa yang menggunakan soal pilihan ganda memiliki nilai rata-rata 4,28 , median 7, modus 8, dan didukung oleh simpangan baku 2,6. Sedangkan hasil belajar integral yang menggunakan soal essay memiliki nilai rata-rata 2,6 , median 3, modus 3, serta simpangan baku 1,823. Hasil analisis statistika inferensial diperoleh bahwa sebaran data tidak normal sehingga dilanjutkan degan uji statistik nonparametrik yaitu uji Wilcoxon. Hasil uji ini menghasilkan Zhit = −5,8067603 sedangkan Ztab(0,95) = 1,96 berarti Zhit < - Ztab. Kondisi ini menyebabkan H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar integral yang dievaluasi menggunakan soal pilihan ganda dengan yang menggunakan soal essay. Berdasarkan hasil penelitian,
terdapat 50 mahasiswa dengan skor pilihan ganda lebih dari skor essay, 17 mahasiwa dengan skor pilihan ganda sama dengan skor essay, serta 8 mahasiswa dengan skor pilihan ganda kurang dari skor essay. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar integral yang diuji dengan soal pilihan ganda lebih tinggi dari hasil belajar integral yang diuji dengan soal essay.
Kata Kunci: Hasil Belajar Integral, Soal Pilihan Ganda, Soal Essay, Studi Perbandingan

Full Text:

Untitled

References


Alisah, Evawati dan Dharmawan, Eko Prasetyo.2007. Filsafat Dunia Matematika: Pengantar Untuk Memahami Konsep-Konsep Matematika. Cet. I, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Babudin dkk. 2007. Belajar Efektif Matematika2. Jakarta: Intimedia Ciptanusantara.

Boediono dan Koster, Wayan. 2001. Teori dan Aplikasi Statistika dan Probabilitas. Cet. I, Bandung: Rosdakarya.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Cet.III, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

_______ dan Zain, Aswan. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Cet. III, Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, Amirul dan Haryono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Cet. I, Bandung:Pustaka Setia.

Kazmier, Leonard J. 2005. Statistik untuk Bisnis. Cet. II, Jakarta: Erlangga.

Nurkancana, Wayan dan P.P.N. 1986. Sumartana. Evaluasi Pendidikan. Cet. IV, Surabaya: Usaha Nasional

Simanjuntak, Lisnawaty. 1993. Metode Mengajar Matematika 1. Cet. I, Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Cet. III, Jakarta: Bumi Aksara.

Soepeno, Bambang. 1997. Statistik Terapan. Cet. I, Jakarta: Rineka Cipta.

Subana, Moersetyo Rahadi, dan Sudrajat. 2005. Statistik Pendidikan. Cet. II, Bandung: Pustaka Setia.

Sudijono, Anas. 2001. Pengantar Statistik Pendidikan. Cet. III, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

____. 2001. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Cet. III, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Cet. I, Bandung: Sinar Baru

Sugiyono. 2010. Statistik Nonparametris. Cet. VIII. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. V, Bandung:Remaja Rosdakarya.

Tadjab. 1994. Perbandingan Pendidikan. Cet. I, Surabaya: Karya Abditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i2.703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sumardin Raupu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.