Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIc SMP N 3 Palopo

Titik Pitriani Muslimin, Taufiq Taufiq

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIC SMP Negeri 3 Palopo melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, semester II tahun pelajaran 2014/2015. Hipotesis tindakan ini adalah jika model pembelajaran kooperatif tipe NHT diterapkan dalam pembelajaran maatematika siswa SMP Negeri 3 Palopo maka hasil belajar siswa dapat meningkat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIc SMP Negeri 3 Palopo dengan jumlah siswa 40 orang. Untuk mengetahui meningkat atau tidaknya hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat dilihat dari hasil tes setiap siklus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa tes tertulis dan lembar observasi. Data hasil belajar dianalisis secara kuantitatif dan data hasil observasi siswa dan guru dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh skor rata – rata untuk siklus I ialah 51,08 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 77,20. Hasil yang diperoleh tersebut bila dikaitkan dengan situasi belajar mengajar, maka model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang digunakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe NHT

Full Text:

Tidak berjudul

References


Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University

Junaede. 2002. Pengaruh Pemberian Pre Test dan Post Test Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas II SMK Negeri 3 Makassar. Skripsi. FMIPA. UNM. Makassar

Trianto. 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: prestasi pustaka

Nur, Muhammad. 2005. Pembelajaran Koopertif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v1i1.266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Titik Pitriani Muslimin, Taufiq Taufiq

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.