ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI KOMPOSISI FUNGSI DAN INVERS KELAS XI IPA SAMN 1 GOWA

Abdul Gaffar, Ahmad Afriadi, Sri Satriani

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Komposisi Fungsi dan Invers pada Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Gowa. Data yang digunakan adalah data tertulis berupa soal uraian dan data hasil wawancara dengan siswa. Tes yang digunakan mencakup materi komposisi fungsi dan invers. Dari data yang diperoleh, data dikelompokkan berdasarkan jenis representasinya kemudian dianalisis tiap jawaban. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 7 orang yang diambil dari 36 siswa di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gowa. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis data deskriptif. Serta pengecekan keabsahan data melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada kemampuan representasi visual, siswa sangat rendah. Siswa masih bingung dalam memahami domain, kodomain, range dari suatu fungsi komposisi, untuk range pada fungsi invers siswa mampu memahami proses subtitusi untuk menemukan range, namun kesimpulan yang dibuat siswa tidak memasukkan anggota rangenya.
Kata kunci: kemampuan reperesentasi matematis, komposisi fungsi, invers

Full Text:

UNTITLED

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: RinekaCipta.

Arifin, Zaenal. 2012. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Yogyakarta: Reaja Rosdakarya.

Fajar, Ibnu dkk.2014. Kemampuan Representasi Matematis, (online), (http;//www.slideshare.net/ibnufajar59/kemampuan-representasi-matematis, diakses 05 juni 2017).

Illiadaelia, “Multiple Representation In Mathematical Problem Solving: Exploring Sex Differentces” dalam http://prema.iacm.Forth. Forth.gr/docs/ws1/papers/Iliada Elia.pdf, diakses 07 juni 2017.

Ibrahim & Nana Sudjana.2007. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: SinarBaruAlgessindo.

Kartini. 2009. Peranan Representasi dalam Pembelajaran Matematika: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, (online), (http;//eprints.uny.ac.id/73036/1/p22-kartini. Pdf, diakses 05 juni 2017).

Kusumawati, Nila. 2014. Pemahaman Konsep Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Eprints.

Mahardika, I Ketut. 2011. Representasi Matematika Repository upiedu. Bandung: UPI

Muhibinsyah. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Nugrohgo Soedyarto dan Maryoto.2008. Matematika Jilid 2 untuk SMA dan MA Kelas XI program IPA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional,

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Surabaya: UnesaUniversitas Press.

Suparlan Suhartono. (2008). Wawasan Pendidikan: Sebuah Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suhermanherman, et al., 2010. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Bandung.

Suryana, Andri. 2012. Kemampuan Berfikir Matematis Tingkat Lanjut (Advanced Mathematical Thingking) dalam Mata Kuliah Statistika Matematika 1.Yogyakarta: Prosiding UNY MP41. Tersedia (Online): http://eprints.uny.ac.id/7491/1. Pdf. Diakses 05 juni 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i1.1456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abdul Gaffar, Ahmad Afriadi, Sri Satriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.