PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA YANG DIAJAR MELALUI MODEL SIKLUS BELAJAR 7E DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 MAKASSAR
Abstract
Kata kunci: TPS, Siklus 7E, Hasil belajar.
Full Text:
UntitledReferences
Adesnayanti K. D. 2012. “Model Think Pair Share”. Jurnal Pendidikan Matematika.No.1.hal. 8-12.
Arikunto. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Cahyono, T. 2015. Statistik Uji Normalitas. Purweketo: Yayasan Sanitarian Banyumas.
Damari, A. 2013.Matematika SMA/MA. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Isjoni, H. 2012. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Irianto, A. 2016. Statistik. Jakarta: Kencana
Jatmiko. 2015. “Eksperimen Model Pembelajaran Think Pair Share”. Jurnal ilmiah pendidikan matematika.vol.3 No. 2.Diakses februari 2015.
Jihad dan Haris. 2008. Evaluasi pembelajaran. Jakarta.
Kasmadi, Abdul Gani Haji, Yusrizal. 2016. “Model Pembelajaran Learning Cycle 7E” (http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi). Jurnal Pendidikan Sains Indonesi.Vol.04, No. 02.hlm.106-112.
Kosasih dan Sumarna.2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.
Kurmiasih dan Sani.2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.
Lestari dan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Lihar Raudina Izzati, Sutopo, Henny Ekana Chrisnawati.“ModelLearning Cycle 7E” Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika.(http://jurnal.fkip.uns.ac.id)..Diakses November 2016.
Purwanto.2016. Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Sadia, W. 2014.Model-model pembelajaran Sains konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sanjaya, W. 2010.Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Madia Group
Shoimin. A. 2017. 68 Model Pembelajaran Inofatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar – Ruzz Media.
Subana. 2011. Dasar-dasar penelitian ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Sundayana. 2016. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. 2017. Mendesain Model Pembelajaram Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1440
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Abdul Hadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.